Sabtu 21 Dec 2013 07:01 WIB

KAI Siap Angkut Penumpang Libur Tahun Baru

Kereta komuter PT KAI (ilustrasi)
Kereta komuter PT KAI (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- PT Kereta Api Indonesia (kai) menyatakan kesiapannya dalam melayani angkutan penumpang selama libur Natal 2013 dan Tahun Baru 2014.

"Jumlah penumpang selama masa angkutan ini diprediksi meningkat sekitar tiga persen dibandingkan tahun lalu," ujar Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi I, Sukendar Mulya di Bekasi, kemarin.

Dia mengatakan, pengoperasiannya dilakukan dengan pengawalan ekstra yang diberlakukan dalam sejumlah hal, antara lain dalam hal pemeriksaan jalan, penjagaan pintu-pintu perlintasan, terowongan, hingga pengamanan di stasiun dan kereta. "Pengawalan ekstra kami lakukan dengan menambah personel," katanya.

Petugas periksa jalan yang biasanya terbagi atas tiga shift dalam sehari, ditambah menjadi empat shift demi memastikan keamanan perjalanan kereta. Kemudian, di tiap-tiap rangkaian kereta api yang diberangkatkan, akan bertugas masing-masing seorang polisi khusus dan anggota Brimob. "Untuk menjaga ketertiban dan keamanan di stasiun, petugas jaganya pun ditambah," katanya.

Dengan aturan yang baru diberlakukan, kata dia, tidak semua orang bebas keluar masuk area peron. Hanya penumpang yang diperbolehkan memasuki area ini. Kemudian, yang diperbolehkan masuk ke kereta pun hanya penumpang yang tiketnya sesuai dengan identitas yang dimiliki. "Oleh karena itu, jika pembelian tiket melalui calo, otomatis identitasnya tidak akan sesuai," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement