Jumat 20 Dec 2013 20:13 WIB

PPP Dukung Kesehatan Reproduksi Masuk Kurikulum

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Djibril Muhammad
Okky Asokawati
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Okky Asokawati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Okky Asokawati mengatakan persoalan kependudukan harus menjadi perhatian partai politik. Salah satu yang menjadi perhatian Okky adalah mengenai kesehatan reproduksi (kespro).

"PPP akan memasukan kespro dalam kurikulum," kata Okky, dalam acara Sarasehan Tokoh Politik Bangsa di Gedung Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Jakarta, Jumat (20/12).

Ia mengatakan kespro harus menjadi bagian dalam kurikulum pendidikan di sekolah-sekolah.

Menurut Okky, pendidikan kespro dapat membantu perempuan untuk mempunyai rasa percaya diri, termasuk dalam pergaulan. Memperkuat posisi bargaining perempuan untuk jumlah anak setelah menikah.

Ia menilai banyak sisi positif dari memasukkan pendidikan kespro dalam kurikulum. Oleh sebab ini, ia menilai, masalah kependudukan ini juga menyangkut soal pendidikan.

Okky mengatakan, sumber daya manusia menjadi penting terkait kependudukan. Ia mengatakan sumber daya manusia menjadi kekayaan sesungguhnya bangsa ini. Indonesia, menurut dia, mempunyai potensi apabila bisa membuat sumber daya manusianya, berpendidikan dan sehat.

"Harus mendidik sumber daya manusia sehingga merepa mempunyai kepedulian, kesadaran akan kependudukan, dan berkemampuan," ujar anggota Komisi IX DPR RI itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement