Kamis 19 Dec 2013 14:06 WIB

Daftar 22 Obat yang Mengantongi Sertifikasi Halal MUI

obat/ilustrasi
Foto: daan
obat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- LPPOM MUI baru merilis 22 obat-obatan yang dinyatakan halal. Jumlah tersebut, sangat sedikit karena jenis obat yang beredar di pasaran mencapai 18 ribu.

Ketua MUI, KH Ma'ruf Amin mengungkapkan obat-obat yang telah mendapat sertifikat halal adalah Lubricum, Vercum, Menveo Meningococal Group A,C, W135 Y Conjugate Vaccine, Fresh Care, Fresh Care Green Tea, Fresh Care Lavender, Fresh Care Fruity, Fresh Care Strong, Fresh Care Sandalwood.

Kemudian Fresh Care Minyak Angin Aromatherapy Sport, Fresh Care Minyak Angin Aromatherapy, Aquamarine, Fresh Care Rose, Fresh Care Teen Buble Gum, Fresh Care Happy Cherry, Fresh Vare Teens Passion Fruit, Menvacacyw 135 Vaccine, Holistic Bio Medicare, Obat Tradisional Kunyit Putih, Obat gosok dcloves, IOT Bokashi PT Karya Pak Oles, dan Obat Herba Nusantara.

Kiai Ma'ruf berujar, pada kenyataan terdapat banyak alternatif jenis dan macam obat yang tersedia. "MUI membuat pernyataan sikap produk farmasi sama halnya dengan produk pangan harus diyakini kehalalannya sebelum dikonsumsi, untuk itu perlu adanya sertifikasi," tuturnya di Jakarta, Kamis (19/12).

Dijelaskan Kiai Ma'ruf, hukum obat dan vaksi yang belum disertifikasi menjadi darurat. Syaratnya, jika tidak mengkonsumsi obat dan vaksi tersebut akan menyebabkan kematian atau tidak ada penggantinya yang halal. "Hingga saat ini, baru vaksin polio yang dinyatakan darurat dan diperbolehkan MUI," tutupnya.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Muhammad Baghowi sebelumnya mengungkapkan, hampir 90 persen produk obat dan kosmetik diduga tidak halal. Data itu didapat dari rapat dengar pendapat Komisi VIII dengan Badan Pengendalian Obat dan Makanan (BPOM) beberapa waktu lalu.

"Hasil rapat disimpulkan, dalam obat-obatan dan kosmetik ada unsur tidak halal yang hampir 90 persen produk karena sekitar 93-95 persen bahan baku masih impor," ungkap politikus dari Partai Demokrat ini di Jakarta, Senin (16/12) kemarin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement