Kamis 19 Dec 2013 11:34 WIB

Sejuta Relawan Digalang Bawaslu Jabar

Rep: arie lukihardianti/ Red: Joko Sadewo
Pemilu 2014
Pemilu 2014

REPUBLIKA.CO.ID,Ketua Bawaslu Jawa Barat, Harminus Koto, mengatakan dalam waktu dekat pihaknya menargetkan sejuta relawan bisa direkrut untuk menyosialisasikan pemilu kepada masyarakat di 26 kabupaten/kota di Jabar. Harminus mengatakan, penghimpunan tersebut dilakukan karena angka partisipasi masyarakat yang terus menurun dalam beberapa pemilu terakhir. Jika hal ini dibiarkan, menurut dia, tidak menutup kemungkinan Pemilu 2014 hanya akan diikuti 50 persen pemilih. "Maka dari itu kami mengusahakan sejuta relawan ini agar partisipasi masyarakat kembali meningkat. Mudah-mudahan bisa di atas 80 persen," ujar Harminus dalam 'Sosialisasi Gerakan Sejuta Relawan Pengawas Pemilu', belum lama ini. 

Harminus optimistis, dalam waktu dekat akan terhimpun sejuta relawan yang peduli terhadap suksesnya pelaksanaan pemilu. Nantinya, selain menginformasikan pelaksanaan pemilu, para relawan akan memberi informasi lain terkait pemilu. Pemilih, kata dia, akan diberi pencerahan agar tidak salah memilih. Jangan sampai, mereka tertipu oleh partai atau caleg yang hanya mengumbar janji. 

Buruknya kualitas partai dan caleg, menjadi salah satu penyebab turunnya partisipasi masyarakat. ''Adanya relawan ini pun, bertujuan menghindarkan pemilih dari 'money politic'," katanya. Relawan pun, kata dia, nantinya akan melaporkan berbagai pelanggaran dan kecurangan yang ditemui di lapangan. Ia optimistis, relawan yang bekerja mampu menyentuh berbagai lini, hingga tingkat terbawah sekali pun. "Kami meyakini nantinya di setiap kecamatan di Jabar akan terdapat 200 relawan yang bekerja," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement