Senin 16 Dec 2013 22:34 WIB

HUT Ke-5, Tamanpintar Dibuka Gratis untuk Pelajar Yogya

Rep: Yulianingsih/ Red: Djibril Muhammad
taman pintar yogyakarta
Foto: wikipedia.org
taman pintar yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pada Selasa (17/12) besok, ni wahana rekreasi edukas Tamanpintar Yogyakarta akan dibuka secara gratis bagi para pelajar Kota Yogyakarta. Penggratisan tersebut terkait ulang tahun ke-5 obyek wisata tersebut.

"Untuk pelajar Yogya gratis masuk, namun pelajar luar kota tetap bayar," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti pada peringatan HUT ke-5 Tamanpintar di obyek wisata itu, Senin (16/12).

Peringatan HUT Tamanpintar diisi dengan pemotongan tumpeng. Dalam kesempatan itu juga dilakukan peresmian pembukaan zona baru yaitu zona Standarisasi Nasional Indonesia (SNI).

Zona ini merupakan sumbangan Badan Standarisasi Nasional (BSN). Zona baru ini melengkapi zona edukasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi di Tamanpintar Yogyakarta. Dengan pembukaan zona SNI ini maka Tamanpintar memiliki 47 zona edukasi.

Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yogyakarta, Yunianto Dwisutono mengatakan, keberadaan Zona Standardisasi merupakan kado ulang tahun kelima Taman Pintar. Zona baru ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait standar nasional.

"Tiap tahun selalu ada zona baru. Ini semakin memotivasi kami untuk memberikan permainan edukatif bagi anak-anak yang berkunjung kesini," katanya.

Sementara itu Deputi Informasi dan Pemasyarakatan Standar BSN, Dewi Odjar mengatakan, melalui zoona tersebut akan ditampilkan beberapa permainan interaktif mengenai Standar Nasional Indonesia (SNI) sebagai satu-satunya standar yang berlaku nasional.

"Sejak awal kami selalu memonitor perkembangan Taman Pintar. Setelah lima tahun berjalan, kini sudah mampu dikenal Indonesia bahkan dunia," katanya.

Karenanya kata dia, Tamanpintar harusnya dijadikan model percontohan bagi pengembangan lembaga sains. Terutama lembaga bermain dan belajar yang dikelola pemerintah. Di Indonesia sendiri kata dia, baru ada 11 lembaga sains seperti Tamanpintar.

Lonjakan pengunjung

Terpisah Afia Rosdiana, Kasie Humas dan Pemasaran Tamanpintar Yogya mengatakan, sejak Ahad kemarin sudah terjadi lonjakan pengunjung di obyek wisata edukasi tersebut. Bahkan lonjakan kunjungan mencapai 400 persen lebih. "Libur sekolah masih lama tetapi lonjakan kunjungan sudah signifikan," ujarnya.

Menurutnya, jumlah kunjungan ke Tamanpintar setiap hari rata-rata hanya 3.000 orang saja. Namun pada Ahad (15/12) kemarin jumlah pengunjung mencapai 13 ribu orang dalam sehari.

Menjelang libur natal dan tahun baru, Tamanpintar sendirii kata dia, akan bukan dalam tujuh hari selama sepekan. Pada hari Senin, obyek wisata ini biasanya libur, namun sejak 16 Desember hingga 7 Januari Tamanpintar akan buka full selama sepekan penuh. 

"Target kunjungan ke Tamanpintar pada 2013 ini sebanyak 1 juta oranh, dan ini akan terlampaui di pekan ini," katanya.

Sementara pada perayaan ulang tahun kali ini, pengelola Taman Pintar memberikan penghargaan terhadap 4 pegawai teladan. Yakni meliputi staf manajemen, petugas kebersihan, petugas keamanan dan fasilitator. Selain itu, pemandu wisata yang berhasil membawa rombongan dengan jumlah terbanyak juga diberikan penghargaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement