Senin 16 Dec 2013 12:53 WIB

Gerbang Tol Semanggi 1 Ditutup 16.00-20.00 WIB Setiap Hari

Petugas berjaga di pintu keluar tol Tegal Parang, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (16/12). ( Republika/Rakhmawaty La'lang)
Petugas berjaga di pintu keluar tol Tegal Parang, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (16/12). ( Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengatakan bahwa ujicoba penutupan Gerbang Tol 1 dilakukan untuk peningkatan layanan kepada pengguna tol. Gerbang Tol Semanggi I akan setiaphari akan ditutup pukul 16.00-20.00 WIB

Dalam siaran pers yang ditulis dalam situs resmi PT Jasa Marta, Sekretaris Perusahaan David Wijayatno menyebutkan bahwa Kepadatan di Tol Dalam Kota Jakarta ini sudah terjadi setiap hari. Misalnya terjadi menjelang pintu keluar ke arah Pancoran dan Tegal Parang yang setiap pagi antriannya sampai dengan Cawang bahkan lebih. Begitu juga kemacetan di sekitar jembatan semanggi ke arah Cawang yang setiap sore terjadi.

Kepadatan yang terjadi di sekitar Jembatan Semanggi ini, menurut dia, disebabkan crossing menjelang masuk Mall Plaza Semanggi, halte bus Semanggi, terjadinya serta antrian kendaraan yang akan masuk tol di Gerbang Tol Semanggi 1. Selain itu adanya pemberlakuan sterilisasi jalur  busway sepanjang Ruas Cawang sampai dengan Grogol yang berakibat meningkatnya kepadatan kendaraan di jalan non tol dari MT Haryono, Gatot Subroto dan S. Parman. Hal ini mengakibatkan kendaraan dari jalan tol kesulitan untuk keluar ke jalan non tol pada peak hour seperti di Off Ramp Bukopin, Tegal Parang, Polda dan di depan RS Dharmais.

''Untuk mengurangi kemacetan di daerah Semanggi di sore hari, Jasa Marga bekerjasama dengan Polda Metro Jaya akan melakukan uji coba penutupan Gerbang Tol Semanggi 1 pada pukul 16.00  hingga  20.00 WIB setiap hari kerja.

Pada saat dilakukan penutupan Gerbang Tol Semanggi 1, maka kendaraan yang akan masuk ke arah Cawang, akan masuk tol melalui Gerbang Tol Semanggi 2. Untuk mengantisipasi lonjakan antrian di Gerbang Tol Semanggi 2, Jasa Marga menyiapkan 12 Petugas Jemput Transaksi (PUTRA). Sedang untuk mengatasi kepadatan antrian di GT Senayan, Jasa Marga juga sudah menambah 4 orang Petugas Jemput Transaksi di Gerbang Tol Senayan. Dalam

Disamping itu, untuk mengurangi kepadatan lalu lintas antara Cawang sampai dengan Kuningan, juga akan dilakukan uji coba penutupan Off Ramp (lajur keluar) ke arah Pancoran (depan Bukopin) dan lajur keluar Tegal Parang (yang menuju ke arah Kuningan) pada pukul 08.00 WIB – 10.00 WIB.

Selain itu, untuk mengatasi kepadatan lalu lintas di sekitar Tomang, juga akan dilakukan uji coba penutupan off ramp di depan RS Dharmais pada pukul 08.00 WIB – 10.00 WIB. Seluruh uji coba ini akan dilakukan mulai tanggal 16 Desember 2013.

Dengan demikian, ketika off ramp ke arah Pancoran dan Kuningan ditutup setiap pukul 08.00 – 10.00 (hari kerja), kendaraan dari arah Jagorawi, Jakarta-Cikampek dan Tol Tanjung Priok, yang akan menuju Pancoran atau Kuningan, harus keluar ke arah Cawang/UKI untuk kemudian lewat jalan non tol. Atau bisa juga keluar di Gerbang Tol Semanggi, kemudian putar balik ke arah Kuningan/Pancoran di bawah Jembatan Semanggi.

Pada waktu yang sama, kendaraan dari arah Pluit yang akan menuju Slipi, harus keluar di off ramp Jelambar kemudian melewati jalan non tol ke arah Slipi. Atau keluar di off ramp Taman Ria, kemudian putar balik di Jembatan Taman Ria (Senayan), kemudian ke arah Slipi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement