Kamis 12 Dec 2013 14:20 WIB

Isteri Akil Bantah Harta Kekayaannya dari Korupsi

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Dewi Mardiani
Ratu Rita, istri dari Akil Mochtar mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Ratu Rita, istri dari Akil Mochtar mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Isteri tersangka Akil Mochtar, Ratu Rita Akil mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjenguk suaminya di Rutan KPK. Rita membantah harta kekayaan suaminya berasal dari kasus korupsi.

"Tidak ada (kaitannya)," kata Rita saat tiba di gedung KPK, Jakarta, Kamis (12/12). Rita enggan menjelaskan dengan rinci saat ditanya para wartawan terkait kasus yang menjerat suaminya. Saat ditanya lebih jauh mengenai rumahnya yang disita itu, Rita meminta agar hal itu ditanyakan langsung ke KPK.

Sebelumnya KPK melakukan penyitaan terhadap rumah pribadi Akil di Jalan Pancoran Indah III Nomor 8, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. KPK juga telah memasang plang sita dan garis KPK di rumah ini.

Tim penyidik KPK juga memasang plang sita pada rumah dan tanah di Desa Karang Duhur, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Rumah dan lahan di Kebumen ini diduga milik Muhtar Ependi, orang yang diduga sebagai calo atau perantara Akil dalam kasus suap penanganan sengketa pilkada di daerah dan TPPU.

KPK juga sudah menyita sebuah rumah, kemudian sebidang lahan di Pontianak, Kalimantan Barat, yang diduga milik Akil dan kerabatnya. Selain itu juga ada kebun mahoni seluas 6.000 meter persegi yang berlokasi di Jalan Raya Cimulek, Desa Waluran, Sukabumi, Jawa Barat.

Selain menyita lahan dan bangunan, KPK juga mengamankan total 33 mobil terkait kasus Akil. Dua mobil terakhir berupa Ford Fiesta dan Toyota Kijang Innova diamankan pada Selasa (10/12) lalu dari rumah Akil di Pancoran.

Sebanyak 26 dari total mobil yang disita KPK diduga berkaitan dengan Muchtar Effendi. Mobil-mobil itu disita KPK dari Cempaka Putih, Jakarta, Depok, dan sebuah tempat yang mirip showroom mobil di Puncak, Bogor, Jawa Barat. Ada juga mobil yang diatasnamakan Ratu Rita.

KPK juga telah menyita sejumlah uang terkait Akil, di antaranya uang sekitar Rp 100 miliar dalam rekening CV Ratu Samagat. Perusahaan ini diduga dimanfaatkan Akil untuk menyembunyikan dan menyamarkan harta kekayaannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement