Rabu 11 Dec 2013 20:44 WIB

ASDP: Jarak Tempuh Sumatera - Bangka Kian Dekat dengan Tanjung Api-Api

Masterplan Pelabuhan Tanjung Api-Api
Masterplan Pelabuhan Tanjung Api-Api

REPUBLIKA.CO.ID, MUNTOK --  Manajemen PT ASDP Indonesia Pelabuhan Tanjung Kalian, Kepulauan Bangka Belitung, mengungkapkan saat ini jarak tempuh dari Pulau Bangka ke Sumatera semakin dekat seiring dibukanya Pelabuhan Tanjung Api-Api, Sumatera Selatan.

"Waktu tempuh kapal feri saat ini memakan sekitar tiga jam, jauh lebih singkat dibandingkan dengan waktu tempuh sebelumnya yaitu sekitar sembilan hingga 12 jam," ujar Manajer Operasional PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Agus Kartiwan, Rabu (11/12).

Hal ini diungkapkan Agus terkait pembukaan perdana Pelabuhan Tanjung Apiapi, Sumatera Selatan yang dilaksanakan pada Rabu (11/12) oleh Gubernur Sumatera Selatan.

Ia menjelaskan, selama ini kapal feri di jalur itu melayani penyeberangan dari Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok menuju 35 Ilir Palembang, dan dengan diresmikannya Pelabuhan Tanjung Api-Api maka jalur pelayaran juga dipindahkan ke pelabuhan baru itu.

Selain waktu tempuh yang lebih singkat karena jarak tempuhnya hanya sekitar 30 mil laut, menurut dia, tarif angkutan juga lebih murah sekitar 50 persen dari tarif jalur sebelumnya.

"Dengan berbagai keuntungan tersebut, kami prediksikan dalam beberapa bulan ke depan jalur penyeberangan ini akan semakin ramai, baik penumpang barang, kendaraan maupun orang," katanya.

Ia menambahkan semakin singkatnya waktu tempuh Bangka-Sumatera itu, diharapkan kian meningkatkan perekonomian dua daerah yang dipisahkan Selat Bangka itu.

"Kami berharap pembukaan Pelabuhan Tanjung Api-Api ini bisa sedikit membantu menurunkan harga berbagai kebutuhan di Pulau Bangka yang selama ini sebaian besar di pasok dari Pualu Sumatera," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement