Rabu 11 Dec 2013 09:48 WIB

Usai Penembakan, Pengamanan Areal Freeport Diperketat

Rep: gilang akbar pambudi/ Red: Taufik Rachman
Penembakan. Ilustrasi.
Foto: rawstory.com
Penembakan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,PAPUA--Kepolisian Papua meningkatkan keamanan di sekitar wilayah PT Freeport, Mimika pasca insiden penembakan ke arah mobil patroli polisi pada Selasa siang kemarin.

Kabid Humas Polda Papua AKBP Sulistio Pudjo mengatakan, penembakan terjadi di areal 70 M dari pos mile 40 PT Freeport.

Ia berujar, siang itu pasukan Brimob Den B Bripka bersama sejumlah anggota hendak menjemput pasukan pengawal Freeport. Dengan formasi satu mobil pengawal di belakang dan paling depan, tujuh trailer, satu mobil mekanik, di tengahnya, mereka ditembaki oleh dua orang tak dikenal.

"Melewati pos 40 sekitar jarak 50 m ke depan tiba-tiba dr arah kanan jalan ada dua orang keluar dr semak tiga kali menembak ke mobil pengawal paling depan," ujar dia melalui telepon kepada Republika Rabu (11/12).

Tim yang telah waspada lalu membalas tembakan tersebut ke arah semak belukar. Mobil pengawal lalu memutar arah untuk mendekati persembunyian para penembak.

Namun, para penembak telah melarikan diri. Diduga, setelah menembak rombongan patroli mereka langsung kabur. Atas kejadian ini pengamanan di jalur transportasi Freeport terus diperketat dengan dibantu tentara setempat.

"Kami periksa TKP dan buat laporan, juga menyita satu unit kendaraan LWB ,no lambung 01-4758 yang tertembak untuk diperiksa," ujarnya.

Sebelumnya, aksi penembakan serupa juga terjadi pada Ahad (8/12). Saat itu mobil tangki air yang melintasi jalur operasional Freeport ditembaki. Sejauh ini, tidak ada korban jiwa dari rangkaian penembakan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement