Selasa 10 Dec 2013 21:51 WIB

Lahan Diserobot, Ratusan Warga Demo Kantor Gubernur Lampung

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Ratusan warga dari Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubabar) mendatangi kantor Gubernur Lampung, Selasa (10/12).

Mereka menuntut ribuan hektare tanah ulayat mereka diserobot PT Huma Indah Mekar (HIM), perusahaan perkebunan tanaman keras.

Pengunjuk rasa ingin bertemu Gubernur Lampung, Sjachroedin ZP untuk mengadukan nasibnya yang terkatung-katung sudah 32 tahun lebih.

Warga yang datang ke Bandar Lampung menggunakan bus ini berasal dari generasi lima keturunan yang tanahnya diserobot PT HIM dengan menerbitkan perpanjangan hak guna usaha (HGU) hingga 2019.

Hendri Turaya, sekretaris warga lima keturunan Tubabar, mengatakan warga ingin memiliki lagi lahan yang sudah diklaim PT HIM selama puluhan tahun. "Kami sudah generasi kelima, untuk meneruskan perjuangan agar tanah kami kembali," kata Hendri.

Ratusan pendemo ini mnendapat pengawalan aparat kepolisian dan satuan polisi pamong praja. Pendemo minta tim yang dibentuk gubernur agar bisa menyelesaikan masalah warga dengan menghadirkan langsung pemilik perusahaan. Aksi ini berlangsung tertib meski ada keributan kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement