Selasa 10 Dec 2013 21:21 WIB

Pemerintah Kembangkan Rumah Murah Tahan Lama

Rumah Murah (ilustasi)
Foto: Republika/Wihdan
Rumah Murah (ilustasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Pemerintah mengembangkan rumah murah, memiliki daya tahan lebih lama dan pembangunannya yang lebih cepat dalam upaya memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah.

"Jenis rumah itu diberi nama Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) dan Rumah Kayu Instan (RIKA) dapat dibangun hanya dalam waktu tujuh hari," kata Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum Anita Firmanti di Medan, Selasa (10/12).

Tipe rumah Risha dan Rika hasil inovasi Kementerian Pekerjaan Umum, yang sudah dikembangkan sejak tahun 2012 tersebut, telah dibangun di beberapa daerah di Indonesia seperti sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Jenis rumah Risha, yang berbasis beton bertulang dan Rika yang berbasis kayu olahan ini memiliki keunggulan masing-masing dan ramah lingkungan.

"Risha dan Rika merupakan teknologi konstruksi bangunan rumah sederhana, yang memiliki keunggulan cepat bangun dan dapat dibongkar pasang (knockdown) dan yang tidak kalah penting jenis rumah ini juga memiliki daya tahan terhadap gempa," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya dewasa ini juga mengembangkan "Biokontaktor" yang merupakan fasilitas septiktank, solusi bagi warga yang rumahnya memiliki lahan cukup sempit.

"Dengan adanya fasilitas ini, dapat meningkatkan kualitas lingkungan dan mempercepat pembangunan perumahan karena mampu diproduksi secara massal," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement