Senin 09 Dec 2013 12:20 WIB

SBY: Berantas Korupsi Tak Hanya Bawa Koruptor ke Pengadilan

Rep: Esthi Maharani/ Red: Karta Raharja Ucu
Presiden Yudhoyono
Foto: Antara
Presiden Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden SBY mengingatkan memberantas korupsi tidak diartikan secara dangkal. menurutnya, memberantas korupsi bukan sekedar membawa koruptor ke meja pengadilan.

“Memberantas korupsi harus bisa meniadakan sumber dan peluang terjadinya korupsi,” katanya saat memberikan sambutan dalam puncak peringatan Hari Anti Korupsi dan Hak Asasi Manusia (HAM) se-Dunia tahun 2013 di Istana Negara pada Senin (9/12).

Ia mengatakan pencegahan dan pemberantasan korupsi bukan tugas dan kewajiban sekali jadi. Pekerjaan tersebut bisa dikatakan pekerjaan selamanya dan tak akan berhenti.

Presiden SBY berpendapat, ada dua potret yang berkaitan dengan pencegahan dan pemberantasan korupsi. Pertama, korupsi masih terjadi. Karena itu, korupsi adalah ancaman yang riil terhadap jalannya pembangunan nasional dan kehidupan berbangsa. Kedua, upaya pemberantasan korupsi di tanah air dilaksanakan secara serius, massif, dan agresif.

“Artinya, tidak ada istilah pembiaran dari negara bagi mereka yang melakukan tindak pidana korupsi. Upaya yang dilakukan Indonesia, oleh KPK, dan para penegak hukum dinilai sebagai usaha yang keras, tidak pandang bulu, dan tidak tebang pilih,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement