Ahad 08 Dec 2013 20:46 WIB

Front Nahdliyin Cetuskan Gerakan Resolusi Jihad Jilid II

Nahdlatul Ulama
Foto: abunamira.wordpress.com
Nahdlatul Ulama

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG  -- Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam (FNSKDA) mencetuskan gerakan "Resolusi Jihad Jilid II" demi mempertahankan Tanah Air dari rongrongan kapitalisme ekstraktif.

"Rongrongan ini luar biasa dan sangat merusak. Banyak keselamatan warga yang terancam akibat aktivitas yang tidak memperhatikan lingkungan," kata koordinator (FNSKDA) Ubaidillah itu, di Universitas Hasyim Asy'ari Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu.

Ia mengatakan, kapitalisme ekstraktif asing dan lokal yang datang ke Indonesia banyak menjalankan penguasaan dan perampasan sumber daya alam, sehingga terjadi banyak kejahatan dan kekejaman yang mengganggu ketentraman dan ketertiban umum di masyarakat.

Pemerintah pun, kata dia, belum memiliki ketegasan dan tindakan yang nyata menghadapi sistem tersebut. Padahal, sudah ada aturan dan ditegaskan dalam Pembukaan UUD 1945.

"Para pejuang (utamanya para ulama Nahdliyin) dulu telah menyerukan 'jihad fi sabilillah' saat melawan penjajah pada 1945. Saat ini, kami menyerukan jihad juga untuk melawan kapitalisme ekstraktif," tegasnya.

Acara itu diikuti oleh sekitar 200 pemuda nahdliyin dari berbagai daerah di Indonesia. Acara itu diawali dengan presentasi tentang adanya masalah di masing-masing daerah, yang diikuti dengan pemberian rekomendasi yang ditujukan ke pemerintah, pengurus cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) di masing-masing daerah, sampai ke pengurus besar NU (PBNU).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement