Sabtu 07 Dec 2013 15:21 WIB

Pemkot Binjai Tanam 2.100 Batang Pohon

Penanaman pohon
Foto: blogspot.com
Penanaman pohon

REPUBLIKA.CO.ID, SUMUT -- Pemerintah Kota Binjai Sumatera Utara menanam sebanyak 2.100 batang pohon mahoni, durian, ketapang, sengon, dalam rangka gerakan penanaman satu miliar pohon pada peringatan menanam pohon Indonesia.

"Kita melakukan penghijauan di kota Binjai ini dengan menanam pohon," kata Kepala Bahagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota Binjai Zulfikar di Binjai, Sabtu.

Penanaman 2.100 batang pohon ini juga dalam rangka Bulan Menanam Nasional 2013, yang dipusatkan di Lapangan Kelurahan Bakti Karya Kecamatan Binjai Selatan, katanya.

Adapun tanaman yang ditanam, terdiri dari mahoni, durian, ketapang, sengon, jengkol, nangka dan pete.

Secara simbolis penanaman sudah dilakukan Wali Kota yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Binjai Elyuzar Siregar, ujarnya.

Zulfikar juga menjelaskan bahwa penanaman pohon ini akan dilanjutkan nantinya diberbagai sekolah negeri dan swasta yang ada di kota ini.

Secara terpisah, Sekretaris Daerah Kota Binjai Elyuzar Siregar menyatakan bahwa hutan berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus menyediakan hasil hutan kayu, kebutuhan pangan, ketersediaan air.

Selain itu, penanaman pohon juga merupakan sumber energi yang menghasilkan oksigen dan konservasi keanekaragaman hayati.

Tema untuk Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2013, yaitu "Hutan kota mendorong terwujudnya Indonesia hijau", katanya.

Ia merngatakan bahwa keberadaan ruang terbuka hijau (RTH) sangat strategis bila dihubungkan dengan konsep pembangunan kota yang memenuhi aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

"Idealnya ruang terbuka hijau kota haruslah 30 persen dari luas kota, sehingga terjaga keserasian dan keseimbangan ekosistem wilayah perkotaan," ungkap Elyuzar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement