Sabtu 07 Dec 2013 14:50 WIB

Belum Ada Kepastian Terkait Pelantikan Bupati Purbalingga

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA--Kepala Sub-Bagian Analisis dan Kemitraan Media pada Bagian Humas Sekretariat Daerah Purbalingga Sapto Suhardiyo mengatakan bahwa pelantikan Bupati Purbalingga belum ada kepastian.

"Sebelumnya, pelantikan itu memang diharapkan dapat diselenggarakan paling lambat tanggal 9 Desember 2013. Namun hingga saat ini, kami belum menerima informasi pasti mengenai kapan pelantikan itu akan dilaksanakan," katanya di Purbalingga, Sabtu.

Berdasarkan informasi dari Sekretariat DPRD Purbalingga, kata dia, hingga saat ini salinan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri belum turun dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa berbagai persiapan untuk pelaksanaan pelantikan tersebut tetap dilakukan, salah satunya pembentukan panitia."Masalah kepanitiaan masih terus disiapkan, agar jika sewaktu-waktu ada kabar kepastian waktu pelantikan, semuanya sudah siap," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Purbalingga Kusmartadi mengatakan bahwa pembentukan kepanitian dilaksanakan sedini mungkin guna mengantisipasi waktu pelantikan yang belum jelas pelaksanaannya.

Menurut dia, berdasarkan informasi dari Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Pengangakatan Bupati Purbalingga telah turun.

Akan tetapi, kata dia, penyampaiannya ke Pemprov Jateng perlu ada surat salinannya dari Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri.

Oleh karena itu, Dirjen Otda sekarang menjdi Pelaksana tugas Gubenur Riau, lanjut dia, pelaksanaan pelantikan Bupati Purbalingga menjadi mundur.

"Sampai tanggal 26 November 2013, masih dalam proses pembuatan salinan, dimungkinkan pada hari ini telah selesai dan akan diambil oleh Pemprov Jateng. Selanjutnya, Surat Keputusan Mendagri akan disampaikan ke Ketua DPRD Purbalingga melalui Gubernur Jateng," katanya.

Setelah surat keputusan tersebut diterima, kata dia, Ketua DPRD Purbalingga selanjutnya menyampaikan permohonan pengambilan sumpah dan pelantikan Wakil Bupati Purbalingga menjadi Bupati Purbalingga.

Ia memperkirakan waktu pelantikan akan dilaksanakan paling lambat pada tanggal 9 Desember 2013.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement