Jumat 06 Dec 2013 10:24 WIB

Benda Mencurigakan di Kedubes AS Hanya Mainan

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Citra Listya Rini
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto
Foto: Antara
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya langsung siaga ketika mengetahui ada benda mencurigakan teronggok di samping Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) tepatnya di pinggir tembok samping jalan di bawah jalan layang. Benda tersebut ditemukan oleh pedagang kopi sekitar pukul 15.00 WIB, Kamis (5/12).

Parahnya, ketika diperiksa, kotak semacam tempat penyimpanan kunci mobil berwarna abu-abu terdapat benda panjang sekitar 20 sentimeter dilapis lakban warna kuning, biru dan merah. Bahkan, ada rangkaian detonator yang kemudian pada pukul 16.00 WIB dilakukan disposal atau diledakkan oleh Tim Gegana.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto mengatakan pihak kepolisian langsung memeriksa komponen yang ada di dalam kotak tersebut. Dugaan awal memang bahan peledak dan rangkaiannya. ''Ternyata semuanya mainan atau replika,'' kata Rikwanto di Jakarta, Jumat (6/12).

Ia mengakui rangkaian tersebut menyerupai rangkaian bom, sekalipun bukan sama sekali bukan bahan peledak. Hingga kini pihak kepolisian masih melakukan pencarian orang yang menaruh kotak tersebut.

Dari keterangan saksi bernama Sahuri, ketika ia melewati lokasi kejadian, ada sebuah kendaraan bak sampah jenis kijang warna hitam putih, berhenti di lokasi penemuan selama lima menit untuk menaruh kardus. Kemudian, mobil tersebut pergi meninggalkan lokasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement