Selasa 03 Dec 2013 16:35 WIB

Menhub: Beberapa Penerbangan Akan Dialihkan ke Bandara Halim

Rep: Nurhamidah/ Red: Dewi Mardiani
Sejumlah pesawat parkir di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta.
Foto: Antara/Widodo S Jusuf
Sejumlah pesawat parkir di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG –- Menteri Perhubungan (Menhub), EE Mangindaan, menyatakan sudah ada beberapa penerbangan (flight) dari Bandara Soekarno Hatta akan dialihkan ke Bandara Halim Perdanakusumah. Saat ini rencana tersebut masih dalam proses dengan pihak terkait untuk mengurangi tingkat kepadatan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta.

“Sudah ada beberapa flight yang akan dialihkan ke Halim tapi belum bisa diumumkan sekarang,” kata Menhub EE Mangindaan di Gedung 600 PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno Hatta, Selasa (3/12). Ia mengatakan masih melakukan koordinasi dengan pihak–pihak terkait. Selain itu masih dalam proses bersama pihak dari BUMN untuk pengalihan tersebut.

Menhub menerangkan, kemungkinan beberapa persen dari penerbangan di Bandara Soekarno Hatta bisa dialihkan ke Bandara Halim. Saat ini pihaknya masih memantau jadwal penerbangan yang bisa dilakukan ke bandara tersebut. Hal itu mengingat pada jadwal pukul 08.00 – 11.00 WIB ada kegiatan yang tidak bisa dilakukan oleh penerbangan pesawat komersil. “Mungkin di luar pukul 08.00 – 11.00 WIB bisa digunakan,” ungkapnya.

Pengalihan penerbangan tersebut mengingat jadwal penerbangan di Bandara Soekarno Hatta terus mengalami peningkatan. Saat ini peningkatan penerbangan dan penumpang sama–sama mengalami kenaikan sebesar 19 persen. Sedangkan untuk setiap jamnya ada sekitar 64–70 penerbangan di bandara tersebut. Menurutnya kondisi tersebut membuat beberapa penerbangan terjadi delay sehingga perlu pengalihan penerbangan ke Bandara Halim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement