Rabu 20 Nov 2013 13:25 WIB

Animo Penumpang KA Cianjur-Sukabumi Tinggi

PT Kereta Api Indonesia (Ilustrasi)
Foto: Antara
PT Kereta Api Indonesia (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Animo calon penumpang KA Pangrango jurusan Cianjur-Sukabumi yang akan diluncurkan awal Januari 2014 cukup besar dan prospektif. Demikian kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung, Jaka Jarkasih, di Bandung, Rabu (20/11).

"Rencana pembukaan jalur Cianjur-Sukabumi mendapat respon dari masyarakat, menyambut kehadiran KA Pangrango," kata Jaka.

Ia menyebutkan jalur tersebut akan dilayani oleh KA Pangrango yang saat ini sudah beroperasi di jalur Sukabumi-Bogor dengan tiga jadwal perjalanan per harinya.

Jalur tersebut selain akan menjadi jalur penumpang umum, juga menjadi jalur wisata. Pasalnya, jalur itu mengakses ke obyek wisata Gunung Padang yang berlokasi tidak jauh dari Stasiun Lampegan Cianjur.

"Jalur itu memiliki prospek untuk jadi jalur wisata, pasalnya melintasi jalur Gunung Padang. Wisatawan Jabodetabek bisa menggunakan KA Pangrangi melalui Bogor-Sukabumi-Cianjur," kata Jaka.

Jalur tersebut telah direvitalisasi sehingga kembali menjadi jalur yang layak dilintasi KA. Jalur itu merupakan jalur KA pertama di wilayah tengah Jawa Barat.

Selain untuk jalur penumpang, jalur rel Bogor-Sukabumi-Cianjur juga potensial untuk angkutan barang industri dan bahan baku sejumlah industri di Sukabumi dan Bogor.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement