Selasa 26 Nov 2013 15:46 WIB

Kemenag Jabar Jamin Persediaan Buku Nikah

Rep: Irfan Abdurrahmat/ Red: Dewi Mardiani
Buku nikah (Ilustrasi)
Foto: Republika
Buku nikah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Persediaan Buku Nikah di Kota Bekasi, yang sebelumnya sempat habis, saat ini stoknya sudah mencukupi. Kantor Wilayah Provinsi Jawa Barat menyatakan menjamin persediaan buku nikah ini akan tersedia hingga 2014.

"Dua minggu yang lalu, buku nikah yang sempat kosong sudah didistribusikan kembali," ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Jabar, Saerodji, Selasa (26/11). Menurutnya, pada saat pendistribusian tersebut, sekitar 2 juta buku nikah disebar diberbagai wilayah yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Dia menambahkan, perkiraan jumlah buku nikah yang didistribusikan untuk Kota Bekasi belum diketahui. Pasalnya, pembagian buku nikah ini dilihat dari tingkat kepadatan pasangan yang mendaftarkan diri untuk menikah di KUA yang ada di beberapa wilayah di Jawa Barat. "Buku nikah ini, dipastikan aman hingga tahun depan. Cukup untuk 1 juta pasangan yang menikah," lanjutnya.

Kelangkaan buku nikah ini, lanjutnya, disebabkan oleh anggarannya yang sempat tersendat. "Anggarannya sebenarnya ada, namun untuk proses pencairan membutuhkan waktu. Belum lagi tender pendistribusian buku nikah ini," jelasnya.

Terpisah, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Jatiasih, Madina, mengatakan kondisi buku nikah untuk wilayah Jatiasih saat ini dalam kondisi aman. "Hingga akhir tahun nanti, persediaan buku nikah masih mencukupi," jelasnya.

Dia menambahkan, persediaan yang ada saat ini sekitar 200 buku nikah. "Dalam satu bulan kemungkinan akan membutuhkan 100 buku nikah. Diharapkan stok yang ada dapat menutupi kebutuhan di KUA Jati Asih nantinya," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement