Sabtu 23 Nov 2013 21:38 WIB

BIG Gandeng ROL Perdalam Ilmu Jurnalistik

Peserta pelatihan acara Jurnalistik Online yang diadakan Badan Informasi Geospasial dan ROL
Foto: Andriyanto Sostromanggolo
Peserta pelatihan acara Jurnalistik Online yang diadakan Badan Informasi Geospasial dan ROL

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Siapa yang membuat dan meng update peta di Indonesia? Rupanya semua pemetaan ini dilakukan oleh sebuah lembaga negara bernama Badan Informasi Geospasial (disingkat BIG). Lembaga ini sebelumnya bernama Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (disingkat Bakosurtanal). Ini adalah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial.

BIG berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden dan dipimpin oleh seorang kepala. Dr. Asep Karsidi, M.Sc. saat ini menjabat sebagai Kepala BIG berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 29/M Tahun 2012. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, BIG dikoordinasikan oleh Menteri Riset dan Teknologi.

Nah, untuk memperkenalkan lembaga ini termasuk tugas-tugasnya, pihak BIG di tahun ini serius untuk menggarap divisi informasi. Mereka melakukan berbagai kegiatan pelatihan, termasuk diantaranya adalah pelatihan jurnalistik. Kali ini, BIG mengandeng Republika Online (ROL) untuk memperdalam ilmu jurnalistik dan kehumasan.

Bertempat di Hotel Banana Inn milik Kagum Grup, acara ini digelar selama dua hari yaitu Sabtu (23/11) dan Ahad (24/11). Puluhan pegawai dari divisi kehumasan terlihat serius mengikuti pelatihan ini termasuk melakukan berbagai diskusi terkait perkembangan jurnalistik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement