Senin 18 Nov 2013 15:01 WIB

RI Akan Kaji Ulang Semua Kerja Sama dengan Australia

Rep: Esthi Maharani/ Red: Dewi Mardiani
Menko Polhukam Djoko Suyanto
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Menko Polhukam Djoko Suyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Djoko Suyanto, menegaskan pemerintah Indonesia akan mengkaji ulang semua kerja sama antara Indonesia dengan Australia.

“Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri akan mereview seluruh kerja sama pertukaran informasi dan kerja sama lainnya dengan Australia,” katanya, Senin (18/11).

Ia mengatakan, pemerintah melalui Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, akan menghubungi Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop untuk menyampaikan keberatan Indonesia atas isu penyadapan yang sudah beberapa kali mencuat. “Akan menghubungi Menlu Australia, Julie Bishop menyampaikan bahwa isu tersebut adalah hal yang akan membawa dampak tidak baik terhadap hubungan bilateral Indonesia dan Australia,” katanya.

Ditegaskannya pula, pemerintah Indonesia akan meminta kepada pemerintah Australia untuk menyampaikan klarifikasi resmi terkait isu penyadapan tersebut.

Australia juga diminta untuk menunjukkan komitmen seriusnya untuk tidak mengulangi aksi penyadapan terhadap negara tetangga. Kemenlu pun, lanjut dia, akan memanggil Duta Besar RI di Canberra ke Jakarta untuk ‘konsultasi’.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement