Ahad 17 Nov 2013 04:11 WIB

Majukan Tapteng dengan Sepakbola Pantai

Sepak bola pantai (ilustrasi)
Foto: sundul.com
Sepak bola pantai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PANDAN -- Kawasan pantai Bosur, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, dinilai cukup potensial sebagai pusat pengembangan olahraga sepak bola pantai di Indonesia, karena memiliki puluhan kilometer pantai berpasir putih yang layak digunakan sebagai lapangan bertaraf internasional.

"Kalangan pengamat olahraga menilai, pesisir pantai barat Pulau Sumatera itu potensial sebagai sentra pengembangan sepak bola pantai di Indonesia, mengingat hamparan pantainya yang cukup luas," ujar Kabag Humas Pemkab Tapteng, Iwan Sinaga, di Barus, Minggu.

Dikatakannya, selain memiliki puluhan kilometer pantai berpasir putih yang cocok dijadikan arena atau lapangan sepak bola pantai yang dianggap sesuai dengan standar internasional, kabupaten tersebut juga memiliki banyak atlet berbakat alami.

Juru bicara Pemkab Tapteng itu menyebutkan, pihaknya akan segera merancang pembangunan sarana dan prasarana sepak bola pantai yang memadai pada beberapa lokasi yang ditentukan.

Menurut dia, Bupati Tapteng, Raja Bonaran Situmeang telah menyatakan kesiapan membangun wilayah Pandan menjadi pusat pengembangan sepak bola pantai di Indonesia bekerjasama dengan pengurus Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Dikatakannya, Pemkab Tapteng akan bekerjasama dengan PSSI untuk melaksanakan even-even besar sepak bola pantai berskala nasional maupun internasional, sekaligus menjadikannya sebagai ajang promosi untuk menarik minat wisatawan lokal maupun turis mancanegara ke daerah tersebut.

Iwan mengaku, pihaknya sudah melobi Ketua Umum PSSI, Prof Djohar Arifin Husin untuk membangun stadion sepak bola berstandar internasional di Tapteng pada tahun 2014 mendatang, dan sudah menyiapkan lahan untuk pembangunannya

Bahkan, lanjut dia, Djohar Arifin Husin telah menjanjikan untuk membantu pengembangan sepak bola pantai di daerah Tapteng, karena memang dinilai sangat layak untuk dijadikan sebagai lapangan sepak bola pantai bertaraf internasional.

Menurut Iwan, hal itu disampaikan oleh orang nomor satu dunia persepakbolaan tanah air tersebut pada penutupan turnamen sepak bola pantai yang dilaksanakan DPD KNPI Tapteng di Pantai Bosur, Pandan, Minggu (10/11).

Kehadiran Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin ke Tapteng, atas undangan Pengcab PSSI Tapteng guna menghadiri penutupan dua turnamen sepak bola di daerah itu, yakni turnamen Pelajar Dandim Cup I dan turnamen sepak bola pantai DPD KNPI Tapteng di Pantai Bosur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement