Ahad 17 Nov 2013 09:33 WIB

Gerakan Indonesia Juara diluncurkan

  Bendera Merah Putih.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Bendera Merah Putih. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Indonesia Juara Fondation (IJF) meluncurkan Gerakan Indonesia Juara untuk memperjuangkan dan memfasilitasi pendidikan berkualitas yang merata bagi semua anak Indonesia.

"Gerakan ini lahir karena masih banyaknya anak-anak dari keluarga kurang mampu yang cenderung kesulitan mendapatkan akses pendidikan," kata Ketua Gerakan Indonesia Juara Arif Taat Ujiyanto di Bandung, Ahad.

Menurut Arif, gerakan ini bertujuan anak-anak dari keluarga kurang mampu itu bisa mendapatkan pendidikan tak hanya gratis tapi berkualitas, bahkan pendidikan berkualitas yang diberikan juga bukan hanya terbatas pada hal-hal yang berbau akademik.

"Berkualitas berarti bahwa sekolah dapat memberikan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan potensi dan minat para siswanya, sehingga mereka memiliki lifeskill," kata Arif.

Sepanjang 2013, Gerakan Indonesia Juara telah memberikan layanan pendidikan kepada 141.566 orang, mengelola Pendidikan Formal 14 Sekolah Gratis Berkualitas untuk masyarakat yang membutuhkan di 12 kota, serta membina 227 wilayah di 30 cabang penyaluran se-Indonesia.

Salah satu siswa yang menerima pendidikan gratis berkualitas adalah Ilham. Saat ini, Ilham duduk di bangku kelas VII SMP Juara Bandung. Meskipun penghasilan orang tuanya sebagai pedagang hanya Rp300.000 per bulan, namun Ilham tetap bisa mendapatkan pendidikan gratis berkualitas, bahkan meraih prestasi membanggakan.

"Ilham pernah meraih medali perak dan perunggu dalam turnamen pencak silat tingkat Jawa Barat di tahun 2012 dan 2013. Dia pun tercatat sebagai penghafal Al Quran di sekolahnya," kata Kepala SMP Juara Bandung Jajang Sudarsa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement