Sabtu 16 Nov 2013 05:31 WIB

Ratusan Pohon Ditebang untuk MRT

  Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (kanan) meninjau proyek MRT usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan Stasiun MRT di Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (10/10).  (Republika/Yasin Habibi)
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (kanan) meninjau proyek MRT usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan Stasiun MRT di Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (10/10). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta M Nasyir menuturkan jumlah pohon yang akan ditebang di sepanjang koridor Sisingamangaraja hingga Sudirman dan Setiabudi adalah sebanyak 973 pohon. "Saat ini, sebanyak 228 pohon sudah ditanam di RTH Taman Swadarma, Jakarta Selatan. Sisanya nanti akan kita tanam secara kontinyu, tetapi kita masih menunggu penentuan lokasinya dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta," tutur Nasyir.

Selanjutnya, dia mengungkapkan untuk wilayah Dukuh Atas, sebanyak 287 pohon akan ditebang dan ditanam di sejumlah taman RTH di Jakarta Timur, yakni Manunggal dan Kumis Kucing. Sedangkan pohon-pohon lainnya juga akan ditanam di lokasi yang sedang direncanakan oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI.

Penebangan dan relokasi pohon tersebut dilakukan mulai mulai 15 November hingga 23 Desember 2013. Untuk menghindari dampak yang luas terhadap lalu lintas di Jalan Sudirman, proses pengerjaan akan dilakukan pada malam hari mulai pukul 22.00 WIB sampai dengan 05.00 WIB.

Lalu, untuk pekerjaan yang dilakukan di lajur Bus Transjakarta, pekerjaan dimulai pada pukul 23.00 sampai pukul 05.00 WIB setiap hari. Kecuali hari Minggu, pekerjaan akan diakhiri pada pukul 04.00 WIB agar tidak mengganggu pelaksanaan "car free day " yang dilakukan setiap hari Minggu di lokasi tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement