Rabu 06 Nov 2013 18:38 WIB

Komisi E DPRD Jabar Desak Gubernur Aher Segera Gratiskan SMA

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Heri Ruslan
Ahmad Heryawan (Aher)
Foto: Antara
Ahmad Heryawan (Aher)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Program sekolah gratis tingkat SMA, saat ini baru diberlakukan di 13 kabupaten/kota. Menurut Ketua Komisi E DPRD Jabar, Didin Supriadin, belum semua kabupaten/kota di Jabar menggratiskan biaya pendidikan di tingkat SMA.

Dewan menilai, ini menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (AHER) untuk segera merealisasikan program tersebut agar bisa segera terwujud di semua daerah.

‘’Kami mendesak program ini segera direalisasikan. Kami akan terus mendorong,’’ ujar Didin kepada Republika, Rabu (6/11).

Menurut Didin, gubernur dan wali kota/bupati harus memiliki komitmen yang sama untuk mewujudkan program SMA gratis ini. Didin menilai, program ini tak bisa berjalan di semua daerah karena mayoritas terganjal anggaran. Jadi, Pemprov dan Pemkab/Pemkot harus duduk bersama mencari solusi untuk memecahkan masalah anggaran ini.

‘’Harus duduk bersama, kalau semua memiliki komitmen saja dulu, maka masalah bisa dicari nantinya dari mana,’’ katanya.

Menggratiskan SMA, kata Didin, memang memerlukan biaya yang besar. Khususnya, di SMA yang ada di kota besar. Namun, mau tak mau, siap atau pun tidak, SMA gratis harus segera diwujudkan. Karena, sudah menjadi salah satu janji kampanye gubernur. Kalau masih ada kabupaten/kota yang sekolah SMA nya membayar, berarti janji kampanye gubernur tak terpenuhi.

‘’Pokoknya, SMA harus gratis. Kalau tidak, kampanye gubernur tak dipenuhi dong,’’ katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement