Rabu 30 Oct 2013 17:06 WIB

Perbaiki Lapas, Pemerintah Siapkan Rp 1 Triliun

Lapas Pemuda
Foto: Republika/Aditya
Lapas Pemuda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM akan menyiapkan dana sebesar Rp1 triliun untuk memperbaiki lembaga pemasyarakatan (lapas) di sejumlah daerah.

"Tahun 2014 dana sudah tersedia di awal sehingga perencanaan bisa dilakukan dengan lebih matang. Beberapa (lapas) daerah sedang dikaji betul," kata Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana usai acara di Gedung Kemenkumham, di Jakarta, Rabu (30/10).

Denny mengatakan tidak semua lapas akan mendapatkan dana. Hanya saja sampai saat ini belum ditentukan jumlah lapas yang akan diperbaiki. Oleh karena kemenkumham menyiapkan kriteria untuk penentuan.

Denny mencontohkan lapas yang patut mendapat dana perbaikan misalnya Lapas Klas I Tanjung Gusta, Medan yang terbakar akibat terjadi kerusuhan. Selain itu Lapas khusus seperti lapas anak-anak dan lapas wanita.

"Ada kriteria misalnya yang kena musibah seperti di Tanjung Gusta lalu untuk lapas khusus wanita dan anak-anak. Nanti ada pengkajian tertentu, daerah yang mengajukan akan disaring," jelas Denny.\

Dia menambahkan lapas yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia hampir memiliki persoalan yang sama, yakni kelebihan kapasitas. "Semua wilayah over kapasitasnya di atas 70 persen," ungkap Denny.

Oleh sebab itu perbaikan lapas menjadi salah satu target prioritas Kemenkumham yang ingin dibidik dalam waktu dekat ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement