Rabu 23 Oct 2013 13:50 WIB

Marzuki Alie: Pelaku Korupsi Itu Orang Bodoh

Marzuki Ali
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Marzuki Ali

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Ketua DPR Marzuki Alie menyebutkan, korupsi yang merugikan keuangan negara adalah perilaku orang-orang bodoh yang sedang mendapatkan kekuasaan.

Ketika membuka sidang umum parlemen antikorupsi Asia Tenggara (SEAPAC) di Medan, Rabu (23/10), Marzuki mengatakan, praktik korupsi muncul bukan karena ada kekuasaan. Melainkan kebodohan dalam menjalankan kekuasaan.

Ungkapan tersebut dikutipnya dari dramawan terkenal Irlandia George Bernard Shaw yang mengkritisi perilaku orang-orang bodoh dalam menjalankan kekuasaan.

Menurut Marzuki, kekuasaan hanya alat dalam menegakkan kebenaran dan keadilan untuk menciptakan kemakmuran bagi masyarakat. 

Namun bagi orang-orang bodoh, kekuasaan malah menjadi objek korupsi guna mengambil keuntungan untuk pribadi dan kelompoknya. "Para pelaku korupsi itu adalah orang-orang yang bodoh dalam peradaban," katanya.

Marzuki menegaskan perilaku bodoh tersebut dapat dicegah dengan mengutamakan moralitas dan integritas individu, termasuk anggota parlemen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement