Selasa 22 Oct 2013 21:26 WIB

Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Sukabumi

Rumah yang hancur akibat angin puting beliung (ilustrasi).
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Rumah yang hancur akibat angin puting beliung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI-Puluhan rumah di Kampung Pulo, Desa Bantarpanjang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi rusak akibat diterjang angin puting beliung.

"Untuk sementara jumlah rumah yang rusak akibat bencana tersebut sebanyak 62 unit dengan rincian, dua rusak berat, 15 rusak sedang dan sisanya rusak ringan," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo kepada wartawan, Selasa.

Menurut Usman, sampai saat ini petugas BPBD masih di lokasi bencana untuk melakukan pendataan, khawatir ada rumah rusak yang belum terdata. Mayoritas rumah yang rusak tersebut pada bagian atapnya.

Lebih lanjut, puting beliung tersebut melanda empat rukun tetangga atau RT di kampung tersebut. Pada peristiwa ini tidak ada korban jiwa, namun untuk warga yang rumahnya rusak berat diungsikan sementara ke rumah tetangga atau keluarganya yang lebih aman.

"Bantuan darurat sudah kami salurkan kepada para korban seperti makanan siap saji, perlengkapan tidur dan makan. Antisipasi adanha bencana susulan kami juga menyiagakan relawan dan petugas untuk bersiaga di lokasi," tambahnya.

Usman juga mengimbau kepada warga di Kabupaten Sukabumi untuk selalu waspada pada musim pancaroba ini karena berpotensi terjadinya bencana angin puting beliung, khususnya di wilayah selatan yang merupakan daerah rawan bencana.

"Warga untuk selalu waspada karena potensi bencana cukup tinggi dan tidak hanya puting beliung saja tetapi bencana lainnya seperti banjir dan tanah longsor dan kepada untuk segera melaporkan jika terjadi bencana sekecil apapun," kata Usman.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement