Kamis 17 Oct 2013 14:43 WIB

Bayi Perempuan Dalam Kardus Ditemukan Dekat Masjid

Kaki bayi (ilustrasi)
Kaki bayi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG--Seorang bayi perempuan ditemukan di tepi jalan raya Parakan-Kedu, tepatnya samping dekat Masjid Al Asri di Dusun Tegalsari, Desa Campursari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (17/10).

Kepala Desa Campursari, Kecanatan Bulu, Wisnu Broto, di Temanggung, mengatakan, bayi tersebut diletakkan di dalam sebuah kardus dan ditemukan pertama kali oleh seorang pemulung.

Ia mengatakan, bayi tersebut ditemukan sekitar pukul 05.30 WIB, kemudian dilaporkan ke perangkat desa. Bayi itu langsung dibawa ke PKU Muhammadiyah Temanggung yang lokasinya tidak jauh dari tempat penemuan.

Ia menuturkan saat ditemukan bayi tersebut diperkirakan belum lama dilahirkan, karena masih terdapat plasenta. "Kemungkinan bayi tersebut tidak dilahirkan di lokasi itu, karena tidak terdapat bercak darah," katanya.

Penemuan bayi tersebut telah dilaporkan ke pihak kecamatan, Polsek Bulu, dan Dinas Sosial Kabupaten Temanggung. Ia meminta kepada seluruh kepala dusun yang ada di Desa Campursari untuk mendata ibu-ibu yang sedang hamil di wilayahnya agar bisa diketahui apakah ibu dari bayi tersebut dari Desa Campursari atau tidak.

Kepala Humas PKU Muhammadiyah Temanggung, Riyan Muhammad Albar mengatakan, saat ini bayi tersebut dirawat di ruang tindakan bangsal anak.

Ia mengatakan, bayi dengan berat badan 1,7 kilogram dan panjang 36 centimeter tersebut, dilahirkan secara prematur. "Hasil observasi perawat, bayi tersebut diperkirakan masih berumur 32 minggu di dalam kandungan," katanya.

Ia mengatakan, bayi tersebut dimasukkan ke dalam inkubator, karena mengalami kedinginan. Saat ditemukan, katanya, di dalam kardus tersebut juga ditemukan popok bayi dan kain sprei.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement