Senin 14 Oct 2013 19:38 WIB

Tim SAR Temukan Pendaki Tersesat di Merapi

Gunung Merapi
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Gunung Merapi

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Tim SAR gabungan berhasil menemukan seorang pendaki asal Sleman yang tersesat di lereng Gunung Merapi di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (14/10) petang.

Tim SAR gabungan dari Boyolali maupun Daerah Istimewa Yogyakarta akhirnya menemukan titik keberadaan seorang pendaki Arif Wicaksono warga Maguwo RT 4 RW 46 Maguwoharjo, Depok, Sleman yang dilaporkan tersesat saat turun dari puncak Merapi.

Menurut Samsuri anggota Tim SAR "Barameru" Desa Lencoh Selo Boyolali, pendaki yang tersesat tersebut, saat ini ditemukan titiknya turun menuju Kali Woro Deles Kabupaten Klaten pada Senin petang.

Seorang pendaki tersebut, kata dia, bersama tiga orang lainnya melakukan pendakian ke Puncak Merapi pada Sabtu (12/10) malam. Keempat pendaki itu, mendaftarkan ke petugas di "base camp" Dukuh Plalangan Lencoh Selo, sekitar pukul 17.00 WIB.

Namun, seorang pendaki Arif saat turun dari puncak atau posisi di atas pasar Bubar atau medan berpasir, dia diduga mengambil jalan ke kanan sehingga turunya ke arah Kali Woro Deles.

Menurut dia, pendaki setelah turun dari puncak seharusnya mengambil jalan ke kiri menuju Pasar Bubar, kemudian langsung ke bawah atau menuju bace camp dengan jarak tempuh hanya sekitar tiga jam.

Namun, kata dia, jika turun mengambil jalan ke kanan menuju Kali Woro Deles maka dia membutuhkan waktu sekitar delapan jam.

Pihaknya mengetahui tersesatnya seorang pendaki tersebut dari tiga teman Arif saat tiba di base cam Dukuh Plalangan, Minggu (13/10) sekitar pukul 03.00 WIB, kemudian memberikan informasi kepada petugas Tim SAR.

Tim gabungan asal SAR Boyolali dibantu warga sekitar dan SAR Yogyakarta kemudian melakukan pencarian melakukan pendakian ke atas sekitar pukul 02.00 WIB hingga menemukan posisi korban.

Menurut Ketua Tim SAR Boyolali Kurniawan Fajar bahwa korban beserta tiga temannya naik ke puncak Merapi, pada Sabtu (12/10) malam. Mereka naik melalui jalur pendakian Selo, Boyolali.

Arif saat perjalanan turun posisinya paling depan, tetapi tiga temannya ketika di bawah, korban ternyata belum sampai di base camp. Mereka kemudian melaporkan ke Tim SAR sekitar pukul 03.00 WIB.

Menurut dia, tim langsung diterjunkan petugas SAR guna melakukan pencarian. Regu assesment dan survei area terus berupaya guna memetakan posisi korban.

Namun, kata dia, dari komunikasi melalui handphone seluler dengan teman-teman korban, sejauh ini Arif terpantau dalam kondisi sehat dan selamat.

Korban posisi diperkirakan antara di kawasan Kecamatan Musuk, Boyolali dengan Deles, Klaten. Korban tidak membawa bekal tetapi dia terus bergerak ke bawah ke titik nol.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement