Senin 14 Oct 2013 18:44 WIB

Tak Hanya Sapi, Harga Daging Kerbau pun Naik Tajam

Seorang petani menggembalakan kerbau.
Foto: Antara
Seorang petani menggembalakan kerbau.

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG -- Sehari menjelang Idul Adha, harga daging sapi/kerbau di pasar tradisional di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, mencapai Rp 110 ribu per kg. Pantauan di Pasar Badak, pasar tradisional terbesar di Kabupaten Pandeglang, Senin (14/10), tidak ada perdagang yang menjual daging kerbau/sapi di bawah Rp 110 ribu per kg.

"Kalau kemarin harga masih Rp 100 ribu per kg, dan hari ini naik Rp 10 ribu per kg, atau menjadi Rp 110 ribu per kg," kata Nurman, pedagang daging kerbau/sapi di Pasar Badak, ketika dikonfirmasi.

Menurut dia, harga Rp 110 ribu per kg merupakan kesepakatan para pedagang, jadi tidak akan ada yang menjual di bawah harga tersebut dan meski harga mengalami kenaikan namun permintaan masyarakat meningkat dibandingkan hari sebelumnya. "Kemarin saya hanya habis 100 kg, dan hari ini sampai pukul 14.00 WIB sudah menghabiskan 200 kg, atau dua ekor kerbau," kata Nurman.

Siti pedagang lainnya juga mengakui kenaikan harga daging tersebut, dan hal itu sudah menjadi kebiasaan sehingga tidak terlalu dipermasalahkan oleh masyarakat. "Biasa memang begini. Setiap menjelang lebaran, baik Idul Fitri maupun Idul Adha harga selalu naik, tapi tidak mempengharuhi pada tingkat permintaan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement