Senin 14 Oct 2013 15:47 WIB

Jelang Idul Adha, Harga Daging di Aceh Capai Rp 130 Ribu per Kg

Pedagang daging sapi lokal di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (6/8). (Republika/Adhi Wicaksono)
Pedagang daging sapi lokal di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (6/8). (Republika/Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Harga daging sapi pada hari 'meugang' (hari pemotongan hewan) Idul Adha 1434 Hijriah mencapai Rp 130 ribu per kilogram (kg) di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Abdul Wahab salah seorang pedagang daging di pasar tradisional Peunayong Kota Banda Aceh, Senin, mengatakan harga daging sapi naik drastis dibanding hari biasa. "Kenaikan harga ini salah satunya disebabkan tingginya harga sapi dan kerbau dari daerah peternakan," katanya.

Kendati harga di pasaran mahal, namun minat masyarakat untuk membeli daging sebagai salah satu menu yang akan dihidangkan kepada keluarga cukup tinggi. Hal senada juga disampaikan Arifin. Ia mengatakan harga jual daging sapi di pasaran mencapai Rp130 ribu per kg.

Menurut dia, ada juga pedagang menjual daging di pasaran Rp 120 ribu per kg, namun itu tergantung dari kualitas daging. Ia memperkirakan persediaan daging sapi dan kerbau cukup untuk memenuhi permintaaan masyarakat di Aceh Besar dan Banda Aceh.

Sementara itu Wanti salah seorang pembeli mengatakan harga daging di pasaran setiap meugang melonjak drastis dibanding hari biasanya. "Kami berharap Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota dapat berperan aktif sehingga harga daging tidak naik drastis setiap hari meugang," ujar Wanti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement