Rabu 09 Oct 2013 01:14 WIB

Wah, Harga Cabai Merah Mulai Naik

Cabai Merah
Foto: indonesian.cri.cn
Cabai Merah

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG---Harga cabai merah besar yang dijual pedagang pengecer pada sejumlah pasar tradisional Kota Palembang, Selasa tercatat Rp 40 ribu per kilogram, atau naik jika dibandingkan dengan harga akhir pekan lalu sebesar Rp 28 ribu/kg.

Naiknya harga cabai merah besar tersebut karena pasokan barang didatangkan pedagang pengumpul ke pasaran kurang lancar dan jumlahnya juga terbatas, kata Rifin (41) pedagang di pasar tradisional Kelurahan 7 Ulu Palembang.

Menurut dia, pasokan cabai merah yang didatangkan pedagang pengumpul dari daerah sentra produksi biasanya dipusatkan di pasar induk Jakabaring. Namun, sebagian ada juga dijual ke agen di pasar tradisional 16 Ilir. "Jadi, para pedagang pengecer dari semua pasar tradisional di kawasan Kota Palembang mendapat jatah dari pedagang pengumpul atau agen di pasar induk Jakabaring dan pasar tradisional terbesar di Sumatera Selatan 16 Ilir," katanya.

Di samping itu, juga banyak pedagang dari luar Kota Palembang sengaja datang menjadi pelanggan rutin, termasuk dari daerah kepulauan Bangka Belitung. Mengenai pasokan cabai, menurut Rusli, pedagang pengecer di pasar tradisional Simpang Sungki, selain dipasok dari pasar induk Jakabaring, juga sering pedagang pengumpul dari daerah penghasil Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Banyuasin menjual langsung ke pengecer.

Biasanya bila pasokan cabai merah lancar dan jumlahnya melimpah, ada kalanya pedagang pengumpul mendatangi langsung para pedagang pengecer. Kondisi demikian, kata dia, biasanya para petani melakukan panen cabai secara bersamaan sehingga pasokan barang ke pasaran lancar dan melimpah.

Sejak dua hari terakhir, memang pasokan cabai merah besar kurang lancar dan jumlah barang terbatas sehingga memicu harga jual tinggi, katanya. Harga cabai merah memang tidak bisa diprediksi, bisa saja hari ini harga naik, kemudian hari berikutnya terjadi penurunan tergantung pasokan barang.

Ia mencontohkan dua bulan sebelumnya harga cabai merah besar sempat naik hingga di atas Rp50 ribu/kg karena pasokan barang berkurang. Namun, setelah itu pada periode September sudah berangsur turun hingga terendah kisaran Rp30 ribu/kg. Kemudian, sejak dua hari terakhir ada terjadi kenaikan harga karena pasokan barang jauh berkurang, kata Rusli.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement