Senin 07 Oct 2013 17:25 WIB

Rute Bus Lane Tangerang Diusulkan Diperpanjang ke Harmoni dan Mangga Dua

Rep: Nurhamidah/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang akan mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan terkait perpanjangan jalur dan penambahan armada Bus Lane jurusan Poris Plawad - Tangerang.

Dishub menginginkan rute diperpanjang sampai Harmoni dan Mangga Dua sebelumnya hanya sampai Taman Anggrek.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Ivan Yudianto memaparkan saat ini rute Bus Lane dari Poris Plawad – Tangerang sampai Taman Anggrek – Jakarta Barat. Sejauh ini hanya mampu menarik sekitar 800 penumpang per hari dengan jumlah armada 10 bus.

"Rabu besok ada rapat dengan Kemenhub. Kita usulkan perpanjangan rute dan penambahan Bus Lane. Rute ingin diperpanjang sampai Harmoni dan Mangga Dua," katanya kepada Republika, Senin (7/10).

Menurut dia, rencana perpanjangan rute tersebut mengingat agar menambah jumlah penumpang yang beralih ke Bus Lane. Rute menuju Harmoni dan Mangga Dua dikatakan cukup strategis untuk menarik penumpang.

Ivan mencontohkan apabila rute menuju Taman Anggrek dalam satu kali jalan bisa 10 – 20 penumpang maka diharapkan akan bertambah lebih dari 30 penumpang. Dia mengatakan usulan perpanjangan rute tersebut tidak terkait masalah tarif atau menambah keuntungan.

Dia mengatakan yang diutamakan adalah cakupan penumpang yang mau beralih naik Bus Lane. Apabila masyarakat sudah percaya menggunakan Bus Lane maka pendapatan pun bisa naik.

Sejauh ini belum ada pembahasan terkait besaran tarif apabila perpanjangan rute tersebut dikabulkan. Upaya dari Dishub adalah untuk menghimbau kepada warga Kota Tangerang yang akan ke Jakarta beralih ke Bus Lane.

Hal itu untuk mengurangi salah satu penyebab kemacetan. Selain itu, mengajak masyarakat agar mau naik transportasi umum sehingga kendaraan pribadi bisa diparkir di Park and Ride Terminal Poris Plawad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement