Sabtu 05 Oct 2013 05:31 WIB

Bukti Orang Indonesia Doyan Nasi

Nasi putih/ilustrasi
Foto: cookingkorean.com
Nasi putih/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO---Menteri Pertanian Suswono mengatakan bahwa masyarakat Indonesia tercatat sebagai konsumen beras tertinggi di dunia, yakni 30 kilogram per kapita per tahun.

"Masyarakat Indonesia mengkonsumsi sekitar 130 kilogram per kapita per tahun. Hal ini sangat tinggi dibandingkan dengan masyarakat di negera-negara lain," kata Suswono yang didampingi Wakil Gubernur Jawa tengah Heru Sujatmiko, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, dalam kampanye gerakan deversifikasi pangan sehat dengan pangan lokal di Taman Balaikambang, Solo.

Ia mengatakan bahwa pola makan masyarakat Indonesia perlu diubah dan harus terus-menrus diadakan kampanye keanekaragaman makanan agar tidak tergantung pada beras atau nasi saja.

"Saya minta kepada para gubernur, bupati/wali kota ikut serta mengkampanyekan masalah ini di daerahnya masing-masing dan sekali-kali para generasi muda/rakyat diajak makan singkong, sagu atau yang lainnya sebagai pengganti beras," pintanya.

Ia mengatakan organisasi pangan dunia juga telah mengingatkan agar di setiap negara memperkuat persedian pangan untuk rakyatnya masing-masing, karena kebutuhan ini akan terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali itu.

Menurutnya, berkurangnya persedian pangan juga akibat pengaruh alam, seperti kerusakan lingkungan, sehingga membuat banyak panen yang gagal. "Untuk itu mulai sekarang harus memperkuat persediaan pangan bagi warganya masing-masing," katanya.

Mentan mengatakan bahwa Indonesia sekarang ini surplus beras sembilan juta ton dan tahun ini diharapkan bisa naik menjadi 10 juta ton.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement