Kamis 03 Oct 2013 18:21 WIB

Mentan: Adik Wapres Bawa Importir Daging ke Kementan

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Djibril Muhammad
Mentan Suswono
Foto: Republika
Mentan Suswono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian (Mentan) RI Suswono pernah mendapatkan informasi mengenai kedatangan perempuan yang mengaku sebagai adik Wakil Presiden RI Boediono ke Kementerian Pertanian (Kementan).

Ia mendapatkan informasi itu dari Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Syukur Iwantoro.

"Saya juga cukup kaget dapat laporan dirjen peternakan, ada yang mengaku adiknya Pak Boed (Boediono)," kata Suswono, selepas menjadi saksi dalam kasus dugaan korupsi permohonan penambahan kuota impor daging sapi dengan terdakwa Luthfi Hasan Ishaaq, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (3/10).

Suswono sudah tidak begitu mengingat kapan dia mendapatkan informasi itu. Berdasarkan informasi dirjen, Suswono mengatakan, adik Boediono bernama Tuti.

Ia mengatakan, Tuti bukan pelaku usaha. Akan tetapi Tuti datang untuk memperkenalkan pengusaha kepada dirjen. "Memperkenalkan perusahaan yang ingin impor daging. Seperti itu," kata dia.

Mengenai nama perusahaannya, Suswono, enggan menyebutkannya. Namun, ia mengatakan, mengecek kebenaran mengenai sosok yang mengaku sebagai adik Boediono. Suswono pun kemudian berkunjung ke rumah Bunda Putri.

Sebelumnya Suswono pernah bertemu dengan Bunda Putri yang saat itu bersama adik wapres di Kalimantan Barat. "Maka dari itu saya konfirmasi kepada yang bersangkutan (Bunda Putri), karena dia yang kenal," kata dia.

Suswono mengatakan, Bunda Putri kemudian menghubungi Tuti. Berdasarkan informasinya dari Bunda Putri, menurut Suswono, memang adik Boediono itu yang datang menemui dirjen peternakan dan kesehatan hewan.

Ia mengatakan, Tuti memang memperkenalkan perusahaan yang berminta untuk impor daging. Namun, Suswono menyangkal jika kedatangan adik wapres itu bisa memengaruhi pejabatnya. "Dirjen saya tetap sesuai aturan main. Jadi tidak ada tindaklanjutnya," kata dia.

Saat ditanya berapa kali adik wapres itu menemui dirjen, Suswono mendapatkan informasi baru sekali. Namun, Suswono hanya ingin bisa memastikan mengenai sosok itu. Sehingga ia berusaha mengklarifikasi informasi tersebut. "Kami juga mengecek. Kalau dibawa-bawa namanya kan kasihan," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement