Kamis 03 Oct 2013 17:54 WIB

Suryadharma: Soal Capres Tunggu Haji Selesai

Menteri Agama Suryadharma Ali
Foto: Antara//Andika Wahyu
Menteri Agama Suryadharma Ali

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali menyatakan dirinya akan menyatakan sikap apakah siap atau tidak untuk menjadi calon presiden (capres) 2014 usai penyelenggaran ibadah haji tahun 2013 ini.

"Setelah pelaksanaan ibadah haji tahun ini, maka saya akan memikirkan secara sungguh-sungguh mengenai dukungan-dukungan yang sudah mengalir. Tetapi tadi saya sebutkan, bahwa saya sebagai kader kalau ditugaskan oleh partai, kan tidak boleh katakan yang lain.

Kecuali apa yang dikehendaki oleh partai," kata Suryadharma Ali, di Kota Bandung, Kamis.

Ditemui usai menghadiri acara Pemenangan Caleg PPP di Hotel Horison Bandung, ia mengakui bahwa selama ini dukungan pengurus dari setiap DPW maupun kader PPP semakin keras untuk menghendaki dirinya diusung sebagai capres 2014.

"Saya sangat memperhatikan dukungan dari kader maupun ulama yang sekarang dari waktu ke waktu mengalir deras, namun demikian, saya perlu waktu untuk memikirkan secara matang dan seksama," katanya.

Ia menuturkan, mengapa dirinya memerlukan waktu untuk menerima usulan menjadi capres karena untuk mencalonkan diri sebagai capres tidaklah sesederhana seperti yang dibayangkan."Oleh karenanya saya perlu waktu untuk pikirkan langkah dan desakan dari berbagai pihak itu," ujarnya.

Kemudian di sisi lainnya, kata Suryadharma Ali, dirinya yang saat ini menjabat sebagai Menteri Agama sedang diberikan amanah besar yakni penyelenggaran ibadah haji.

"Saya ingin berkonsentrasi terhadap penyelenggaran haji tahun ini agar jamaah haji Indonesia dapat sebanyak 168.800 orang di tanah suci Mekkah dapat dikelola dengan baik, dilayani dengan baik," kata dia.

Dikatakannya, jangan sampai karena memikirkan usulan agar menjadi capres tersebut maka pelaksanaan ibadah haji tahun 2013 ini menjadi terganggu.

"Jangan sampai karena pikiran saya terpecah kemudian penyelenggaraan haji menjaditerkocar-kacir. Saya tidak berharap seperti itu, jadi berikan saya waktu untuk konsentrasi melaksanakan penyelenggaran ibadah haji tahun ini dulu," katanya.

Menurut dia, pengusungan calon presiden 2014 dari PPP nantinya akan diusung melalui sebuah rapat pimpinan nasional yang rencananya akan diadakan Bulan Desember 2013 atau Januari 2014. "Memang ada mekanisme pengambilan keputusan. Untuk masalah besar mekanismenya harus melalui rapimnas," kata dia.

Sebetulnya, lanjut Suryadharma Ali, dalam rapat pleno pengurus harian DPP PPP telah memutuskan untuk mengusung dirinya sebagai capres, namun ia belum memberikan jawabannya secara eksplisit.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement