Rabu 02 Oct 2013 16:30 WIB

Parkir Motor di Teras Belum Tentu Aman dari Pencuri

Curanmor. Ilustrasi
Foto: .
Curanmor. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Warga harus berhati-hati karena sekarang sering terjadi kasus pencurian sepeda motor di teras atau depan rumah.

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol R Djarod P mengatakan, Polda Sumatra Selatan mengingatkan warga mengatakan, pelaku sering mengintai dan bila penduduk sepi mereka melakukan aksinya dengan mencuri sepeda motor yang diparkir di teras rumah.

Umumnya pelaku menggunakan alat khusus seperti kunci 'T' sehingga kendaraan dengan mudah dicuri. Namun, Djarod tidak menyebutkan rinci berapa banyak sepeda motor warga yang telah dicuri dengan modus seperti itu.

"Jadi masyarakat harus selalu waspada dan berhati-hati bila meninggalkan kendaraanya terutama diparkir di depan rumah, karena sekarang ini pelaku pencurian selalu mengambil kesempatan ketika pemiliknya lengah," katanya di Palembang, Rabu (2/10).

Langkah antisipasi, kata Djarod, bila memarkir kendaraan harus menggunakan kunci tambahan, karena pelaku sekarang ini selalu mengikuti perkembangan dengan modus-modus baru yang sebelumnya tidak diduga masyarakat.

Selain itu bila bepergian titip terlebih dahulu dengan tetangga agar bila ada yang mencurigakan dapat diketahui masyarakat. "Yang jelas dengan adanya kehati-hatian dapat menyelamatkan barang termasuk kendaraan dari aksi pencuri," kata Djarod.

Ia berharap, seluruh lapisan masyarakat bila ada yang mencurigakan segera lapor kepada aparat terkait. "Bila perlu gunakan pesan singkat dalam memberikan laporan tindak kejahatan termasuk hal mencurigakan, karena Kapolda telah membuka SMS yang dapat digunakan setiap saat dalam laporan," sebutnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement