Senin 30 Sep 2013 14:49 WIB

Gita Wirjawan Kagumi Tingginya Popularitas Jokowi

Gita Wirjawan
Foto: Antara/Fanny Octavianus
Gita Wirjawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - -  Tingginya popularitas Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi yang mengungguli sejumlah tokoh senior yang bakal diusung sebagai calon presiden pada 2014 mengundang decak kagum  dari salah satu konvensi calon Presiden Partai Demokrat yang juga Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan.

Gita mengaku tingkat popularitasnya masih rendah dan di bawah popularitas figur-figur lain, seperti Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

"Memang popularitas saya relatif rendah, namun saya akan terus meningkatkan popularitas saya di depan rakyat," ujarnya setelah acara silaturahim bersama politikus, seniman dan juga atlet di Jakarta, seperti dikutip Antara.

Selama sisa rentang waktu menjalani konvensi Demokrat dan jika terpilih sebagai bakal capres dari partai berlambang mercy itu, Gita mengatakan akan habis-habisan menyosialisasikan empat prioritas programnya secara menyeluruh ke masyarakat.

Namun, sebagai figur yang masih mejabat sebagai Mendag, Gita menyebut dia akan berusaha menyelaraskan tugasnya di pemerintahan dan di kancah politik untuk berjuang menuju Pemilihan Presiden 2014.

Mantan Kepala BKPM ini juga mengaku tidak begitu khawatir dengan popularitas figur lain di konvensi maupun di luar Demokrat, seperti melejitnya nama Jokowi di beberapa survei.

"Masih terdapat delapan bulan, saya dan tim sukses saya masih banyak yang dapat dilakukan," ujarnya.

Sebagai peserta konvensi Demokrat untuk bakal calon Presiden, Gita memaparkan empat prioritas programnya, yakni penguatan dan pemerataan ekonomi, penegakan hukum seadil-adilnya, peningkatan kualitas pendidikan, dan peningkatan martabat bangsa sebagai masyarakat yang majemuk.

Gita Berpeluang Menang

Board of Advisor Center for Strategic and International Studies (CSIS), Jeffry Geovanie memprediksi Gita Wirjawan berpeluang memenangkan konvensi calon presiden (capres) yang akan digelar Partai Demokrat. Jika memenangkan Konvensi Demokrat, kata dia, Gita akan menjadi lawan berat bagi Jokowi yang saat ini meraih popularitas dan elektabilitas yang tinggi.

Menurut dia, Gita memiliki modal untuk memenangkan Konvensi Partai Demokrat.

"Kementerian Perdagangan merupakan kementerian terbaik dalam survei pelayanan publik versi Ombudsman. Pencapaian-pencapaian seperti ini menunjukkan kinerja kepemimpinan yang baik dari menteri Gita Wirjawan,'' ujar Jeffry beberapa waktu lalu.

Meski begitu, kata Jeffrie, pencapaian itu hanyalah salah satu saja dari modalitas yang harus dimiliki oleh Gita Wirjawan bila ingin memenangkan konvensi capres Partai Demokrat.

''Dalam beberapa bulan ke depan ini seharusnya pekerjaan-pekerjaan rumah di Kemendag yang belum selesai harus mulai dirampungkan secepatnya oleh Gita Wirjawan,'' tutur Jeffry.

Pasalnya, kata dia,  Gita mesti berkonsentrasi untuk mengikuti konvensi. "Menurut saya akan sangat bijaksana bila Gita Wiryawan setelah merampungkan tugas-tugas di Kemendag dan ikhlas untuk mengundurkan diri sebagai menteri. Bila ini dilakukan akan sangat positif sekali, sekaligus menjadi teladan dan contoh buat pejabat-pejabat lain,''  ungkap Jeffry.

''Apakah Gita akan melakukan itu? Bergantung pada secepatnya ia menuntaskan pekerjaanya di Kemendag,''  kata Jeffry.

Namun jika pekerjaannya di Kemendag belum tuntas juga, Jeffrie mengusulan agar Gita secara gentleman untuk mundur dari pencalonannya sebagai peserta konvensi capres partai demokrat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement