Jumat 27 Sep 2013 16:41 WIB

Jalan Sutarman Jadi Kapolri Diperkirakan Lancar

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Mansyur Faqih
Anggota DPR Fraksi Golkar, Aziz Syamsuddin.
Foto: Republika
Anggota DPR Fraksi Golkar, Aziz Syamsuddin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Kabareskrim Mabes Polri, Komjenpol Sutarman sebagai kapolri di Komisi III  agaknya bakal berjalan lancar. Karena di mata Komisi III, Sutarman termasuk perwira Polri yang memiliki rekam jejak baik. 

"Sepanjang yang saya tahu beliau kredibel dan dalam ukurannya beliau mampu memegang amanat tersebut (kapolri)," kata Wakil Ketua Komisi III DPR, Azis Syamsuddin ketika dihubungi Republika, Jumat (27/9).

Azis mengatakan, proses uji kelayakan dan kepatutan Sutarman akan dilakukan dalam rapat pleno komisi. Prosesnya sendiri baru dilakukan setelah Komisi III mendapat laporan dari Badan Musyawarah (Bamus) DPR. "Bila diserahkan ke Komisi III setelah rapat bamus, maka Komisi III akan segera melaksanakan fit and proper test," ujarnya.

Politisi Partai Golkar ini menyatakan ada sejumlah hal yang akan disoroti dalam proses uji kepatutan dan kelayakan Sutarman. Antara lain, menyangkut penguatan koordinasi internal Polri dan mekanisme pemberian hukuman dan penghargaan. "Agar pola dan sistem kerja Polri terukur," katanya.

Azis berharap proses uji kelayakan dan kepatutan Sutarman berjalan lancar. "Mudah-mudahan berjalan lancar," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement