Kamis 26 Sep 2013 20:31 WIB

Rifat Sungkar: Mengemudi Butuh Kedewasaan

Rep: Yulianingsih/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Jangan biarkan anak bawah umur mengemudi/ilustrasi
Foto: cdn.moneycrashers.com
Jangan biarkan anak bawah umur mengemudi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- balap kenamaan Indonesia Rifat Sungkar berbagi tips bagaimana mengemudi kendaraan agar selamat di jalan raya. Menurut duta Pertamina ini, mengemudi kendaraan itu membutuhkan kedewasaan.

Ia menekankan kedewasaan tersebut akan muncul pada seseorang di umur tertentu. Itulah, imbuhnya, yang melatarbelakangi kenapa surat izin mengemudi (SIM) diberikan pada umur tertentu dan bukan segala umur.

"Namun problem utamanya, siapa pun bisa diajari nyetir. Namun apakah dia punya jiwa tanggung jawab. Saat menyetir kita harus berpikir perbuatan kita di jalan raya akan berakibat pada orang lain," ujarnya disela-sela temu komunitas sepeda motor di Yogyakarta, Kamis (26/9) malam.

Ia mengakui saat dijalan raya pengemudi akan  berinteraksi dengan ribuan pengguna kendaraan yang kemampuannya berbeda. Karena itulah kedewasaan dibutuhkan saat mengemudi kendaraan.

"Kalau di sebuah kejuaran balap, hampir semua kemampuan pengguna arena balap sama, memiliki tanggungjawab dan kesempatan yang sama berbeda saat di jalan raya," terangnya. Ia menilai motor sport itu olahraga yang berbahaya tapi tingkat keamanannya  juga lebih dibandingkan mengemudi kendaraan umum. 

"Jadi kalau dijalan raya hargai pengguna jalan lain, taati aturan yang ada  karena ciri kedewasaan adalah saat kita mentaati peraturan tersebut," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement