Rabu 25 Sep 2013 16:11 WIB

Jamaah Haji Gelombang II Mendarat di Jeddah

Jamaah calon haji bersiap diberangkatkan dari Jeddah menuju Madinah dengan bus, Jumat (13/9).
Foto: Kemenag/dok
Jamaah calon haji bersiap diberangkatkan dari Jeddah menuju Madinah dengan bus, Jumat (13/9).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Jamaah haji Indonesia gelombang penerbangan kedua mulai mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Rabu pagi, langsung diberangkatkan ke Mekkah dan tidak lagi diarahkan ke Madinah seperti gelombang pertama.

Berbeda dengan gelomnbang pertama yang diberikan kesempatan lebih dulu Shalat Arbain di Madinah, maka gelombang kedua diarahkan untuk melakukan umroh di Mekkah, baru setelah selesai rangkaian ibadah haji, mereka akan diarahkan ke Madinah untuk melaksanakan Shalat Arbain.

Shalat Arbain merupakan shalat sunah di Mesjid Nabawi selama 40 waktu shalat wajib. Jamaah Indonesia selalu mengincar ibadah itu karena ganjarannya adalah dibebaskan dari api neraka.

Berdasarkan data dari Media Center Daerah Kerja Mekkah, hari ini direncanakan ada 2.465 calon haji dari enam kloter yang mendarat di Jeddah dan langsung diangkut dengan bus ke Mekkah.

Keenam kloter itu yaitu kloter 12 embarkasi Medan, kloter 32 Jakarta-Bekasi, kloter 11 Lombok, kloter 11 Balikpapan, kloter 11 Batam, dan kloter 21 Jakarta-Pondok Gede.

Sementara itu, ribuan calon haji yang sudah melaksanakan Shalat Arbain di Madinah juga diberangkatkan ke Mekkah untuk melaksanakan umroh.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) menyatakan sejak Selasa petang (24/9) sampai dengan dengan Rabu (25/09) pagi pukul 06.00 waktu setempat, Daerah Kerja Mekkah menerima 2.553 calon haji dari enam kloter yang telah melaksanakan Shalat Arbain di Madinah.

Kasi Pelayanan Siskohat Daker Makkah Asep SA menjelaskan, dua kloter terakhir yang datang yaitu Kloter 8 jamaah haji Indonesia Embarkasi Jakarta - Pondok Gede yang tiba di Sektor IX Mekkah pada Selasa (24/9) pukul 18.30 waktu setempat dan berikutnya kloter 11 embarkasi Surabaya yang tiba di Sektor VIII Mekkah pada Rabu pukul 02.15 waktu setempat.

Dengan tambahan 2.553 calon haji maka jumlah jamaah yang sudah tiba di Mekkah sampai saat ini adalah 31.399 orang yang berasal dari 77 kloter.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement