Senin 23 Sep 2013 18:04 WIB

KPK Tunggu Laporan Resmi Soal 'Lobi Toilet'

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Karta Raharja Ucu
Juru Bicara KPK Johan Budi
Foto: Antara
Juru Bicara KPK Johan Budi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KPK belum menyelidiki dugaan suap 'lobi toilet' dalam proses uji kelayakan dan kepatutan calon hakim agung di Komisi III DPR RI, pekan lalu. Lembaga pimpinan Abraham Samad itu masih menunggu laporan mengenai dugaan suap dalam lobi toilet.

Juru Bicara KPK, Johan Budi SP mengatakan, hingga Senin (23/9) lembaganya belum menerima laporan terkait insiden itu. Menurut Johan, KPK akan menunggu laporan masuk sebelum melakukan tindakan. "Kalau ada yang tahu, melapor, dan membawa bukti dugaan terjadi pemberian sesuatu , KPK baru menelusuri," kata Johan saat ROL.

Johan mengatakan, informasi mengenai insiden toilet itu terungkap dalam pemberitaan media. Namun, KPK belum mengetahui pasti kabar yang menyebut seorang anggota DPR bertemu calon hakim agung untuk melakukan lobi, karena pihaknya belum mendapatkan laporan resmi. "Sampai saat ini belum ada," tutur Johan.

Pada Rabu (18/9), proses uji kelayakan dan kepatutan calon hakim agung di DPR sempat terhenti karena tersebar kabar salah satu calon hakim agung, Sudrajat Dimyanti mencoba melobi anggota Komisi III DPR RI, Bachrudin Nasori. Pertemuan itu terjadi di dalam toilet.

Ketika pemberitaan mencuat, Komisi III langsung menggelar rapat internal dan setelahnya menggelar konferensi pers. Kepada wartawan, Bachrudin membantah telah terjadi lobi-lobi terkait pemilihan hakim agung. Ia mengatakan, hanya menanyakan informasi dengan menunjukkan kertas kepada Sudrajat mengenai nama hakim perempuan yang karier atau non-karier. Sudrajat juga mengatakan hal yang serupa. Ia juga mengaku tidak mengetahui yang bertanya kepada dia di toilet adalah anggota Komisi III.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement