Selasa 17 Sep 2013 21:54 WIB

Ternak di RPH Tapos Siap untuk Idul Adha

Rep: Mg10/ Seno Wikantyoso/ Red: Djibril Muhammad
Rumah Potong Hewan (RPH)
Rumah Potong Hewan (RPH)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kurang dari sebulan memasuki lebaran Idul Adha, rumah potong hewan (RPH) di Tapos, Depok, jauh-jauh hari sudah mempersiapkan diri. Salah satunya menjaga pasokan ternak kurban untuk persiapan Idul Adha tahun ini.

Kepala RPH Tapos, Alvian, mengatakan, pihaknya sudah siap memasok hewan qurban dengan kualitas yang prima, halal, dan bebas penyakit. "RPH Tapos selalu siap. Tidak hanya pada saat Idul Qurban saja, tetapi setiap hari pun kami siap," ujar Alvian saat ditemui Senin (17/9).

Menurut dia, RPH Tapos tidak ada keterkaitan dengan kegiatan Idul Qurban. Sebab pada saat pemotongan hewan, yang mengurusi biasanya adalah pihak dari masing-masing masjid melalui DKM-nya.

Tak hanya RPH Tapos, hal itu juga terjadi di RPH lainnya. Namun Alvian mengatakan, karena para pengusaha daging memotong hewan melalui RPH maka, RPH jadi ikut memilki andil dalam persiapan Idul Qurban nanti.

Dia mengatakan, RPH tidak ada kaitannya dengan penjualan daging. Menurut dia, yang menjual daging adalah bandar. "Tapi, memang pengusaha sendiri yang ambil dan memotong hewan dari sini," ujarnya.

Untuk penjualan, kata dia, tak ada intervensi. Dia juga mengatakan, kalau ada masyarakat yang ingin membeli hewan di RPH pun, tetap dilayani. Soal harga, kata dia, di RPH tidak mengambil untung dari hasil jual belinya. "Hanya ada retribusi yang dibebankan oleh pembeli untuk disetorkan kepada pemerintah," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement