Sabtu 14 Sep 2013 12:17 WIB

Menag Minta Keterangan Kapolda Jatim Soal Konflik Jember

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali.
Foto: Antara/Syaiful Arif
Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengunjungi Mapolda Jawa Timur, Sabtu (14/9) ini. Kedatangan Menag terkait dengan kerusuhan yang terjadi di Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember.

Suryadharma mengatakan ia ingin mendapatkan informasi yang rinci mengenai konflik tersebut. Ia menyebut ada informasi yang bias sehingga ingin mengonfirmasi langsung pada Kapolda.

"Saya lagi cari tahu. Ada yang perlu dicek silang dan pemutakhiran. Saya ingin menanyakan dari tangan pertama apa yang sudah dilakukan untuk menyelesaikan konflik," ujarnya saat ditemui di Badara Internasional Juanda, Sabtu (14/9).

Saat ditanya apakah kerusuhan tersebut terkait dengan perbedaan ideologi di antara masyarakat, politisi PPP ini menjawab dengan diplomatis. Menurutnya yang terbaik adalah jangan melibatkan agama.

"Karena kalau melibatkan agama konsekuensinya bisa luas. Dari sisi agama saya belum dapat informasi apanya," katanya.

Karena itu ia lebih memilih menyebutnya sebagai konflik warga antardesa. Selanjutnya, ia menyerahkan langsung persoalan ini kepada pihak berwenang di daerah. Sebagai pejabat pusat ia tidak ingin menimbulkan kesan pemerintah pusat tidak percaya pemerintah daerah dalam menyelesaikan konflik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement