Rabu 11 Sep 2013 20:24 WIB

Rabu, Dua Kebakaran Landa Cimahi

Rep: Alicia Saqina/ Red: Heri Ruslan
Kebakaran (ilustrasi)
Foto: Antara
Kebakaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Dua peristiwa kebakaran sekaligus melanda Kota Cimahi, Jawa Barat, pada Rabu (11/9). Peristiwa beraksinya si jago merah ini melanda sebuah pabrik metal di Cimahi Utara dan sebuah rumah milik warga di Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi Uus Supriyadi mengatakan, peristiwa kebakaran yang melanda pabrik bernama Metalworks itu terjadi sekitar pukul 13.45 WIB. Ia mengungkapkan, setidaknya empat unit mobil damkar diturunkan untuk memadamkan si jago merah ke lokasi.

''Ya kebakaran siang ini terjadi di sebuah pabrik, di Jalan Amir Machmud Raya,'' kata dia, Rabu (11/9) sore, di Cimahi.

Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Cimahi, Komisaris Ending Rohaendi mengatakan, kebakaran yang tak terlalu besar itu menyasar sebuah bangunan bedeng, yang terletak di dalam pabrik. ''Kebakarannya tidak besar. Hanya bedeng berukuran sedang,'' ujarnya saat ditemui di halaman PT Metalworks Cimahi.

Ending menjelaskan, penyebab kebakaran berasal dari hubungan arus pendek (korsleting) listrik. Api dengan mudah menyambar bahan-bahan bangunan bedeng, yang terbuat dari material mudah terbakar itu.

''Penyebabnya korsleting listrik. Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran ini,'' ujarnya.

Ia menerangkan, saat kejadian hanya ada sejumlah pekerja bangunan yang sehari-hari tinggal di bedeng tersebut. Para pekerja bangunan itu ialah pekerja yang tengah melakukan proses pembangunan salah satu bagian pabrik.

Akibat kebakaran ini pun, jelasnya, tidak berdampak pada terganggunya aktivitas dan karyawan pabrik. Api pun langsung dapat dipadamkan, hanya dalam kurang lebih 30 menit usai kejadian. ''Soal berapa kerugian, belum bisa diungkapkan, tetapi tak ada korban jiwa,'' katanya.

Sementara itu berdasarkan pantauan di PT Metalworks ini, para pekerja yang mengenakan seragam pabrik, telah berada di luar bangunan pabrik. Setidaknya belasan karyawan pabrik menunggu di halaman luar. Mereka yang sebagian mengenakan masker itu, sementara tak diperbolehkan dulu untuk melanjutkan pekerjaan.

Tak lama berselang, kemudian, satu per satu unit damkar pun keluar dari halaman dalam pabrik Metalworks ini.

Rupanya selama hari Rabu ini bergulir, kebakaran tak hanya melanda pabrik Metalworks, tetapi juga sebuah rumah yang berlokasi di dekat Universitas Jenderal Ahmad Yani, Cimahi Selatan. Si jago merah, pada pukul 06.00 WIB itu, melumat rumah milik warga bernama Wawan Zaenudin (67 tahun).

Uus menerangkan, lokasi tepat kebakaran ini ialah setelah jembatan tol Cimahi-Pasteur, Kelurahan Cibeber, Cimahi Selatan. ''Alamatnya di Gang H Mustopa, RT 05 RW 03. Api hampir menghabisi setengah dari rumah lah,'' katanya.

Ia menjelaskan, penyebab kebakaran yang menyasar salah satu ruangan di rumah Wawan itu ialah, akibat tetap menyalanya tungku kompor yang menggunakan kayu bakar. ''Orang rumah sedang menggunakan kayu bakar, tetapi tidak ditunggui,'' jelasnya.

Kerugian materi akibat peristiwa kebakaran Rabu (11/9) pagi itu, ucapnya, sekitar Rp 20 juta. ''Tiga unit damkar kami kirimkan ke lokasi dan dalam waktu kurang lebih satu jam, alhamdulillah api dapat dipadamkan,'' tutur Uus.

Padamnya api yang melanda pria berumur hampir 70 tahun itu, turut dibantu oleh warga sekitar yang berupaya memusnahkan api yang berkobar. ''Dalam kejadian ini pun, tak menimbulkan korban jiwa,'' ujarnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement