Selasa 10 Sep 2013 22:09 WIB

Hary Wisnu Ciptakan Rekor Dunia Tiup Saxophone

Rep: Heri Purwata/ Red: Djibril Muhammad
Saxophone
Foto: downbeat
Saxophone

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Musisi terkemuka, Hary Wisnu Yuniarta berhasil memecahkan rekor dunia meniup Saxophone selama 90 menit. Pemecahan rekor versi Record Holders Republic (RHR) di pelataran Candi Boko, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (10/9/2013) pukul 19.30 WIB.

Hary menjadi pemegang rekor dunia 'Playing Pentatonics Saxophone Breathless for 90 Minutes.' Sebelumnya, belum ada yang memiliki rekor dunia untuk katagori breathless.

Musisi dunia, Kenny G memegang rekor dunia peniup saxophone selama 47 menit untuk katagori 'Long Note.' Hary Wisnu membuat rekor dunia dengan memainkan tiga pentatonics sekaligus dalam 'breathless technique' yaitu Jawa, Cina dan Jepang.

Sebelumnya, Hary mencetak rekor MURI meniup saxophone selama 12 jam di Jakarta, pada 2008. "Saya bersyukur kepadà Allah SWT bisa menciptakan rekor ini. Untuk persiapan pemecahan selama dua tahun dan enam bulan terakhir berlatih efektif pernafasan, menelan ludah dan membuat nada," kata Hary yang tampak bergembira setelah memecahkan rekor ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement