Selasa 10 Sep 2013 16:40 WIB

Petani Cirebon Enggan Tanam Kedelai

Rep: Lilis Handayani/ Red: Didi Purwadi
Petani kedelai tengah memanen hasil tanamannya.
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Petani kedelai tengah memanen hasil tanamannya.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Tingkat kebutuhan kedelai di Kabupaten Cirebon terbilang tinggi. Namun, para petani di Kabupaten Cirebon enggan menanam kedelai dan lebih memilih menanam padi.

 

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon, Ali Efendi, menyebutkan dari sekitar 40 ribu hektare lahan pertanian di Kabupaten Cirebon, areal tanaman kedelai hanya sekitar 500 hektare. Sedangkan, lainnya sebagian besar ditanami padi.

 

‘’Petani menilai menanam padi lebih menuntungkan dibandingkan menanam kedelai,’’ kata Ali, Selasa (10/9).

 

Ali menjelaskan produktivitas padi rata-rata mencapai lima sampai enam ton per hektare. Dengan modal yang dikeluarkan petani sekitar Rp 7 juta untuk menggarap satu hektare lahan, maka uang yang bisa dihasilkan sebanyak Rp 18 juta - Rp 20 juta.

 

Sedangkan kedelai, lanjut Ali, produktivitasnya di Kabupaten Cirebon hanya sekitar satu ton per hektare. Selain itu, potensi keuntungannya pun sulit diperhitungkan karena tidak adanya kejelasan harga di pasaran.

 

‘’Mungkin sekarang harga kedelai lagi bagus, tapi pada saat normal harga kedelai bisa sangat rendah,’’ tutur Ali.

 

Tak hanya soal harga, lanjut Ali, produktivitas kedelai di Kabupaten Cirebon juga dihadapkan pada tingginya risiko kegagalan produksi. Pasalnya, letak geografis Kabupaten Cirebon yang terletak di dataran rendah kurang cocok untuk budidaya kedelai.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement