Senin 09 Sep 2013 21:40 WIB

Soal Pemindahan Ibu Kota, DPR: Jangan Berwacana Terus

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Mansyur Faqih
Sekretaris Fraksi Partai Haura Saleh Husin
Sekretaris Fraksi Partai Haura Saleh Husin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi V DPR, Saleh Husin mengatakan wacana pemindahan ibu kota yang terus disampaikan pemerintah hanya membuang energi belaka. Karena wacana ini sudah seringkali disampaikan tanpa ada tindak lanjut kebijakan yang tegas. "Jangan cuma berwacana terus yang akhirnya membuang energi percuma," katanya, Senin (9/9).

Saleh mengakui, pemindahan ibu kota bisa menjadi jalan keluar atas berbagai kesemrawutan yang selama ini terjadi di Jakarta. Indonesia pun bisa mengambil contoh dari negara-negara lain yang cukup berhasil menata kembali bekas ibu kotanya dengan memindahkan pusat pemerintahan ke daerah lain. 

"Kita bisa melihat beberapa contoh negara yang berhasil memindahkan ibu kota pemerintahan seperti Amerika Serikat, Australia, Malaysia," ujar Sekretaris Fraksi Partai Hanura tersebut.

Memindahkan ibu kota pemerintahan ke kota lain akan memberi dampak positif bagi tata kelola ruang di Jakarta yang sudah karut marut. Saleh menyatakan Jakarta sebaiknya diposisikan sebagai kota perdagangan. "Salah satu jalan keluar menata ulang Kota Jakarta yang sudah salah kaprah tata ruangnya ini yaitu dengan memindahkan ibu kota pemerintahan keluar dari Jakarta," katanya. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement