Ahad 08 Sep 2013 16:19 WIB

Sembilan Negara Ikuti Festival Ramayana Internasional

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Djibril Muhammad
festival sendratari ramayana internasional 2013
Foto: blogspot.com
festival sendratari ramayana internasional 2013

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sembilan negara mengikuti pementasan festival ramayana internasional yang diselenggarakan di Panggung Terbuka Ramayana Candi Prambanan. Festival Ramayana ini digelar sejak tanggal 6-9 September esok.

Plt. Direktur Pembinaan Kesenian dan Perfilman, Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gendro Nurhadi mengatakan pertunjukan tersebut dipentaskan Indonesia, Kamboja, Myanmar, Singapora, Malaisia, Laos, Filipina, Thailand, dan Indonesia.

"Festival Ramayana juga pernah dilaksanakan tiga kali, yaitu tingkat nasional di Yogyakarta, tingkat internasional di Jatim, dan tingkat nasional lagi di Yogyakarta yang diikuti 8 provinsi," katanya.

Ia menambahkan, dalam pagelaran ini setiap peserta menampilkan satu episode sendratari Ramayana. Namun, Indonesia menampilkan dua episode sendratari ramayana yang akan ditampilkan seniman Yogyakarta dan Bali. "Sebanyak 429 seniman mengikuti acara ini," tambahnya.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kacung Marijan, mengatakan festival ini layak diselenggarakan karena ceritanya diadopsi secara lokasi sesuai dengan identitas masing-masing negara.

Ia menambahkan, acara ini juga telah digelar 42 tahun yang lalu. "Acara ini penting karena kita bisa belajar dan berbagi pengalaman serta memupuk persahabatan antar negara," katanya.

Acara yang dibuka oleh Kacung Marijan dengan pelepasan busur panah ini dihadiri ratusan pengunjung. Selain acara festival ramayana, tiap-tiap negara itu juga akan melakukan presentasi tentang perkembangan ramayana di masing-masing negara. Selain itu, tiap negara juga akan mendemontrasikan tarian dari masing-masing negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement